FOKUS

Sebar Informasi Resmi Covid-19, Kominfo Gandeng WhatsApp Bikin Chatbot

JAKARTA (tandaseru) –  Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggandeng Facebook dan Telkom Grup untuk merilis akun chatbot WhatsApp terkait isu Corona yang marak beredar.

Dengan akun tersebut, masyarakat nantinya dapat berinteraksi dengan lembaga pemerintah untuk mendapatkan informasi terkait Covid-19, lengkap dengan data dan konten yang disediaka oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan.

Menurut Johnny Plate, akun chatbot WhatsApp tersebut beranama covid.go.id, yang mulai akan diuji coba pada Jumat (20/3) malam hari.

“Adanya chatbot dan WhatsApp blast diharapkan bisa live trial mulai besok (20/3) malam. Untuk nomornya, akan dipublikasikan secepatnya,” ujar Menkominfo, Johnny saat koferensi pers yang digelar online, Kamis (19/3).

Lebih lanjut, ia juga menegaskan bahwa sampai saat ini pemerintah hanya membuat akun chatbot dalam aplikasi pesan instan WhatsApp.

Namun pihaknya, tak menutup kemungkinan untuk membuka kesempatan bagi aplikasi lainnya, seperti Telegram jika ingin ikut berkontribusi.

“Saat ini tidak ada akun lain. Apabila nanti Telegram ingin ikut ambil bagian, tentu dengan senang hati kita bekerja sama,” imbuhya.

Sementara dikesempatan yang berbeda, Chief Operating Officer WhatsApp, Matt Idema mengatakan bahwa dalam kondisi pandemi Covid-19, banyak pengguna yang mengadalkan WhatsApp sebagai senjata komunikasi.

Lebih lanjut, akun chatbot-nya dirancang berdasarakan WhatsApp Business API yang merupakan sistem untuk para pelaku bisnis berkomunikasi dengan pelanggan mereka.

“Meskipun WhatsApp Business API masih dalam tahap beta dan terbatas, pihaknya tengah bekerja cepat untuk menyediakan API untuk Kementerian Kesehatan  diseluruh dunia,” ujar Idema yang dilansir dari Kompas Tekno, Kamis (20/3).

Selain chatbot, Kominfo dan WhatsApp juga akan mengirimkan pesan blast kepada pengguna dalam menyebarkan informasi resmi terkait Covid-19.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com