FOKUS

Selain Tol, Polisi juga Pasang Kamera e-TLE di Jalur Bus TransJakarta

Tandaseru – Selain memasang kamera Electronic Traffic Law Enforcement di ruas tol dalam kota, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga memasang kamera canggih tersebut di jalur Bus TransJakarta.

“Ini akan membantu mensterilkan jalur Transjakarta,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (5/12).

Gatot menjelaskan pengadaan sistem e-TLE di jalur Transjakarta ini dibantu dengan pemerintah DKI Jakarta dan PT. Transjakarta sebagai pengelola. Jalan Sudirman dan Thamrin yang baru terpasang dua kamera itu.

Gatot menjelaskan, kamera ini bisa mendeteksi kendaraan yang bukan termasuk dalam bus TransJakarta. Kendaraan lain selain milik Transjakarta akan ditilang dengan mendeteksi nomor kendaraan.

Sistem akan memberitahu ke operator NTMC Polri jika ada pengendara yang melanggar. Operator bisa langsung menghubungi petugas di lokasi untuk melakukan penindakan.

Gatot berharap ke depan kamera ini bisa ditambahkan di seluruh ruas jalan Transjakarta di ibu kota. Dia harap kesadaran masyarakat juga bisa meningkat untuk membuat pelayanan transportasi di Jakarta lebih baik lagi.

“Dengan gini kita juga berharap juga pengalihan kendaraan pribadi ke kendaraan umum,” ucap Gatot.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait