FOKUS

Rangkaian Sertijab Kabaharkam Polri, Irjen Firli Gantikan Komjen Condro Kirono

Tandaseru – Menyusul mutasi di tubuh Polri pada pekan awal bulan November 2019, Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri menggelar rangkaian Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kabaharkam Polri dari pejabat lama kepada pejabat baru.

Melalui Keputusan Kapolri Nomor Kep/2177/XI/2019 tanggal 7 November 2019 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Polri, Kapolri Jenderal Pol Drs Idham Azis MSi, merotasi sejumlah jabatan di tubuh Polri.

Di antara jabatan yang mengalami rotasi adalah Kabaharkam Polri, sebuah jabatan untuk perwira tinggi berpangkat jenderal bintang tiga, sebagaimana yang tertuang dalam Surat Telegram Kapolri No ST/3020/XI/Kep./2019 tanggal 8 November 2019.

Dalam surat telegram tersebut disebutkan Komjen Pol Condro Kirono Kabaharkam Polri dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Utama Polri. Sementara Irjen Pol Drs Firli Kapolda Sumatera Selatan diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabaharkam Polri.

Berdasarkan hal itu, maka pada, Senin (18/11) dilakukan rangkaian Sertijab Kabaharkam Polri yang panitianya dipimpin oleh Kakorsabhara Baharkam Polri Irjen Pol Bambang Ghiri Arianto.

Ketua Panitia, Irjen Pol Bambang Ghiri Arianto menyampaikan selama Kabaharkam Polri dijabat Komjen Pol Condro Kirono seluruh program kegiatan Baharkam Polri dan korps jajaran pada prinsipnya telah dilaksanakan dengan berpedoman pada DIPA dan kerja masing-masing.

“Implementasi tugas pokok fungsi Baharkam Polri dan jajaran dilaksanakan melalui strategi preemtif, preventif, dan penegakan hukum yang disertai pemetaan terhadap potensi konflik, oleh masing-masing satuan kewilayahan, melalui langkah komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi,” kata Irjen Pol Bambang Ghiri Arianto.

Komjen Pol Condro Kirono menyatakan Baharkam Polri akan sangat bangga dipimpin oleh Irjen Pol Firli yang tak lama lagi akan resmi menjabat sebagai Ketua KPK.

“Pak Firli menjabat sebagai Ketua KPK dihantar dari Baharkam Polri, walau menjabat hanya 33 hari sebagai Kabaharkam, karena tanggal 21 Desember 2019 akan dilantik menjadi Ketua KPK,” ungkap Komjen Pol Condro Kirono.

Kepada jajaran Baharkam Polri, Komjen Pol Condro Kirono menyampaikan Irjen Pol Firli bukan orang baru baginya, karena yang bersangkutan pernah menjabat sebagai Wakapolda saat Komjen Pol Condro Kirono menjabat Kapolda.

Sementara kepada Irjen Pol Firli, ia mengatakan para kepala korps dan direktur jajaran Baharkam Polri adalah orang-orang ahli dalam bidangnya.

“Saran saya kepada pejabat baru agar memperkuat Korsabhara Baharkam Polri menjadi Pasukan Penjaga Ibukota,” ungkap Komjen Pol Condro Kirono.

Irjen Pol Firli menyatakan tidak ada orang sukses tanpa bantuan orang lain. “Saya terima kasih kepada Pak Condro yang selalu mengajak saya dalam bekerja mengabdi kepada NKRI. Tugas itu harus melalui proses untuk mencapai hasil. Walau hanya sebentar sebagai Kabaharkam Polri, tapi ini adalah titik awal dalam mengabdi kepada NKRI,” kata Irjen Pol Firli.

Dalam waktu yang singkat itu, Irjen Pol Firli memohon dukungan dari seluruh personel Baharkam Polri. “Waktu yang singkat tidak bisa dijadikan ukuran dalam kinerja. Karena saya berprinsip cinta, peduli, dan berbagi (love, care and sharing),” katanya.

“Thanks kepada senior yang menghantarkan saya sebagai Kabaharkam Polri, dengan artian bahwa Ketua KPK itu berangkat dari Kabaharkam Polri bukan berangkat dari Kabareskrim Polri,” tambahnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait