FOKUS

Serukan Gencatan Global, Sekjen PBB: Fokus Hadapi Pandemi Corona

JENEWA (Tandaseru) – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres menyampaikan pidato tahunannya di depan para pemimpin dunia pekan depan.

Dalam salah satu pesannya, Guterres menyerukan gencatan senjata global hingga akhir 2020. Dia berharap gencatan senjata itu memberi waktu bagi berbagai negara memerangi pandemi virus corona.

Meski demikian, dia menyebut peluang itu akan hilang karena para presiden dan perdana menteri (PM) tidak secara fisik di New York mengikuti pertemuan PBB.

Pandemi menjadikan pertemuan PBB itu hanya dihadiri beberapa pemimpin negara saja dari total 170 kepala negara dan pemerintahan. Sebagian besar akan mengikuti pertemuan secara telekonferensi.

Pertemuan PBB itu digelar selama sepekan mulai 22 September mendatang. Hanya Presiden Amerika Serikat (AS) yang menyatakan hendak memberi pidato secara pribadi pada hari pertama. Guterres juga akan memberikan pidatonya secara pribadi.

Pertemuan itu menandai awal sesi baru Sidang Umum PBB yang sebelumnya biasa diawali pertemuan para pejabat dalam ratusan pertemuan yang digelar bersamaan.

“Jelas bahwa diplomasi tergantung banyak kontak manusia. Dan sehingga kita akan rugi karena itu, terutama untuk apa yang menjadi prioritas pertama saya sekarang, penerapan gencatan senjata global,” papar Guterres pada Reuters di kantor pusat PBB, New York.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait