FOKUS

Setelah Tetapkan Tersangka soal Hilangnya Red Notice Djoko Tjandra, Kini Polri Cekal Irjen Napoleon Bonaparte

JAKARTA (tandaseru) – Setelah Irjen Pol Napoleon Bonaparte ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus hilangnya red notice terpidana Djoko Tjandra, kini Bareskrim Polri mencekal Jenderal bintang dua tersebut untuk mengantisipasi keluar dari Indonesia.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono. Irjen Argo mengatakan surat pencekalan Irjen Napoleon sudah dikirim Bareskrim Polri ke Kementerian Hukum dan HAM.

“Surat (permohonan pencekalan) sudah dikirim ke Kemenkumham,” kata Irjen Argo kepada wartawan, Senin (17/8)

Argo mengatakan surat pencekalan sudah dikirim pada tanggal 5 Agustus kemarin. Selain Irjen Napoleon, Bareskrim tenryata juga mencekal satu tersangka lainnya dalam kasus ini yakni Tommy Sumardi.

“Tanggal 5 Agustus kemarin surat sudah dikirim. Untuk 20 hari ke depan,” beber Argo.

Lebih jauh Argo mengatakan alasan pihaknya mencekal kedua tersangka itu dengan tujuan agar penyidik bisa fokus menuntaskan kasus ini. Dalam kasus red notice ini pihaknya akan kembali memeriksa seluruh tersangka mulai dari Djoko Tjandra, Irjen Napoleon, Brigjen Prasetijo dan Tommy.

“Rencana pemeriksaan tersangka JST dan TS akan diperiksa pada Senin 24 Agustus dan tersangka NB dan PU diperiksa Selasa, 25 Agustus,” pungkas Argo

Seperti diketahui kasus hilangnya nama Djoko Tjandra dalam red notice memasuki babak baru. Bareskrim Polri sudah menetapkan dua jenderal sebagai tersangka karena diduga menerima upeti tau janji dari Djoko Tjandra.

Dua jenderal polisi itu antara lain eks Kadiv Hubinter Irjen Pol Napoleon Bonaparte dan eks Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri Brigjen Pol Prasetijo Utomo. Kedua jenderal itu juga sudah dicopot oleh Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis dari jabatanya.

Dalam hal ini, polisi sita uang sebesar 20.000 USD. Selain uang tunai, Bareskrim Polri juga menyita barang bukti lainya. Barang bukti itu antara lain dokumen-dokumen dan kamera CCTV.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait