FOKUS

Kata Ahli, Ini Simulasi Skenario Terbaik Penanganan Wabah Corona!

JAKARTA (tandaseru) – Seperti yang telah diketahui, virus Corona di Indonesia sudah menyebar begitu cepat. Ada simulasi skenario penanganan wabah corona dari para ahli yang bisa diterapkan!

Seperti yang telah diketahui, saat ini Indonesia tengah memberlakukan masa social distancing yang melarang seluruh rakyat Indonesia keluar rumah atau berada di tengah keramaian.

Hal ini dilakukan untuk menekan tingkat penyebaran virus corona ke lebih banyak orang. Namun laporan terakhir Tandaseru.id menyebutkan pada 26 Maret 2020 lalu, akumulasi kasus terjangkit adalah 893 kasus, 78 meninggal dan 35 sembuh.

Untuk itu ada rekomendasi simulasi skenario penanganan wabah corona!

Pada jurnal Pemodelan Multi Skenario dan Rekomendasi Strategi Pengendalian Penyebaran Virus Corona di Indonesia yang ditulis oleh Budi Sulistyo, Senior Data Scientist PT. SHARING VISION INDONESIA, Dimitri Mahayana, Dosen STEI Institut Teknologi Bandung, Kelompok Keahlian Kendali dan Komputer, serta Tim Data Scientist PT. SHARING VISION INDONESIA.

Di jabarkan sejumlah simulasi skenario yang bisa dilakukan Pemerintah Indonesia untuk menekan angka penyebaran virus corona di masyarakat.

Rekomendasi simulasi tersebut bertujuan agar memperoleh gambaran kasar mengenai kondisi saat puncak dan akhir siklus, jadi semua orang bisa tahu kapan perkiraan siklus akan berakhir.

Pada jurnal tersebut disebutkan ada 2 skenario yang paling efektif dan bisa dilakukan untuk mengendalikan laju penyebaran virus corona, yaitu physical distancing ketat dan moderat serta peningkatan cakupan deteksi dan isolasi.

Dengan menerapkan skenario gabungan tersebut, akan memberi hasil yang dapat menekan angka maksimum terjangkit dan memperpendek durasi siklus wabah.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait