FOKUS

Sinergitas, Tim Keslap Polda Banten Patroli Gabungan TNI-Polri Pascabanjir Lebak

LEBAK (tandaseru) – Pascabanjir bandang Lebak pada Rabu (1/1) yang melanda di beberapa kecamatan Kabupaten Lebak, telah merusak ribuan rumah warga, fasilitas umum dan infrastruktur.

Banjir bandang merupakan air banjir yang mengalir dari wilayah dataran tinggi ke wilayah lebih rendah dengan volume air yang cukup tinggi sehingga menghasilkan aliran arus air yang sangat deras.

Ada beberapa faktor terjadinya banjir di antaranya penambangan dan pembalakan liar, curah hujan tinggi, tersumbatnya aliran sungai, banyaknya pemukiman di bantaran sungai dan lain sebagainya.

Salah satu contoh daerah yang terdampak banjir bandang yaitu pemukiman yang berdekatan dengan Gunung Julang Lebak.

Menyikapi hal tersebut Polda Banten menerjunkan tim Keslap (Kesehatan Lapangan) Biddokes Polda Banten, Personil Sabhara, Satbrimod Polda Banten dan TNI melakukan patroli gabungan ke wilayah Gunung Julang Lebak guna mengantisipasi adanya kegiatan penambangan dan pembalakan liar. Sabtu (11/1).

Selain melakukan patroli gabungan tim Keslap Polda Banten memberikan pelayanan kesehatan kepada warga yang terdampak banjir bandang dengan memberikan obat-obatan serta vitamin kepada warga yang membutuhkannya.

Kabiddokes Polda Banten Kombes Nariyana melalui Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi Priadinata menyampaikan tujuan kegiatan patroli gabungan TNI-Polri tersebut untuk mengantisipasi adanya penambangan dan pembalakan liar di wilayah Gunung Julang karena mengakibatkan kerusakan dan penggundulan.

“Patroli gabungan TNI-Polri yang kami lakukan guna mengantisipasi adanya pembalakan dan penambangan liar di daerah pegunungan, bilamana ditemukan adanya kegiatan tersebut akan kami proses dan kami tindaklanjuti sesuai dengan hukum yang berlaku,” tutur Edy.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait