FOKUS

Singkirkan AH-1Z Viper, Australia Pilih AH-64E Apache Guardian untuk Gantikan ARH Tiger

MELBOURNE (tandaseru.id) – Pemerintah Australia akan segera menandatangani kontrak Akuisisi 29 unit heli serang AH-64E Guardian senilai 4,5 miliar dolar Australia (3,46 miliar USD) untuk menggantikan armada heli ARH (Armed Reconnaissance Helicopter) Tiger buatan Eurocopter (Airbus Helicopters) melalui program LAND 4503 ARH.

12 AH-64E Guardian akan diterima Angkatan darat Australia mulai tahun 2026. Dan total 29 apache Guardian ini direncanakan memasuki operasional penuh dua tahun kemudian.

Dari 29 helikopter ini, 24 akan ditempatkan di satu lokasi dengan dua skuadron helikopter pengintai bersenjata. Sedangkan lima helikopter lainnya ditugaskan untuk melatih pilot Angkatan Darat di Pusat Pelatihan Penerbangan Angkatan Darat Australia di Oakey, Queensland.

Boeing mengatakan AH-64E akan memberikan Australia kemampuan yang terintegrasi penuh dan akan terus memperluas kemampuan industri serta rantai pasokannya di Australia.

Apache didukung oleh jalur produksi aktif dan terintegrasi dengan rencana modernisasi Angkatan Darat Amerika Serikat hingga akhir 2040-an. Hal ini akan memberi jaminan kemampuan serangan dan pengintaian terkemuka hingga 2050 dan seterusnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com