FOKUS

Soal Bekas Suntikan Vaksin Ada Magnet, Ini Penjelasan Satgas Covid-19

JAKARTA (tandaseru.id) – Sebuah video beredar di media sosial WhatsApp yang memperlihatkan sebuah uang koin pecahan Rp1.000 tertempel di lengan seseorang setelah melakuka vaksinasi Covid-19.

Uang tersebut diklaim menempel setelah diletakkan persis di area bekas suntikan vaksin Covid-19.Pembuat video lantas mempersoalkan vaksin Covid-19 dan menyebut vaksin tersebut mengandung magnet.

Lalu, bagaimana tanggapan Satgas Penanganan Covid-19 terkait hal tersebut? Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengklarifikasi mengenai isu tersebut.

“Vaksin tidak mengandung magnet. Koin bisa saja menempel di kulit karena adanya keringat yang diproduksi secara alami oleh kulit manusia dan gaya gesek lainnya,” kata Wiku dalam keterangannya melalui konferensi pers daring, Jumat (28/5).

Dia menjelaskan, gaya gesek dan keringat dapat menimbulkan gaya magnet sehingga menyebabkan koin menempel di lengan orang tersebut.

Karena itu, Wiku mengimbau masyarakat tidak langsung menyebar informasi yang tidak valid tanpa mengkonfirmasi kebenarannya ke media sosial.

“Hoaks dan tentunya akan menghambat upaya pemerintah dalam menangani pandemi covid-19 di Indonesia,” tuturnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com