FOKUS

Survei Alvara: Mendagri Tito Karnavian Masuk 10 Besar Menteri dengan Tingkat Kepuasan Publik Tertinggi

JAKARTA (tandaseru) – Lembaga Survei Alvara Research Center melakukan survei terkait tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Menteri dalam 100 hari kerja Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) pada Februari 2020.

Hasilnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jenderal Polisi (Purn) H. Muhammad Tito Karnavian masuk dalam 10 besar menteri dengan tingkat kepuasan publik terbaik pada angka 3,88 persen atau berada di peringkat 6.

“Menteri-menteri dari kalangan profesional lebih mendapat apresiasi dari publik, terbukti dengan hampir semua 10 menteri dengan tingkat kepuasan tertinggi berasal dari kalangan profesional,” kata CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali melalui keterangan tertulis, Kamis (13/2).

Hasanuddin Ali memaparkan untuk menteri yang berada di posisi pertama dengan tingkat kepuasan publik sekitar 4,02 persen diraih Menteri BUMN Erick Thohir. Peringkat kedua dengan angka 3,95 persen diraih Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

Selanjutnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani berada di peringkat tiga dengan tingkat kepuasan publik sebesar 3,94 persen. Kemudian peringkat empat ditempati oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Marsudi yakni sebesar 3,91 persen.

Menteri PU dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Mulyono berada di peringkat kelima dengan tingkat kepuasan publik sebesar 3,88 persen.

Selanjutnya, untuk peringkat ketujuh hingga kesepuluh ditempati oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yakni 3,86 persen, Menristekdikti Bambang Brodjonegoro yakni 3,85 persen, Menteri Pariwisata (Menpar) Wishnutama 3,85 persen dan Menteri UMKM Teten Marsudi sebesar 3,84 persen.

Untuk diketahui, survei ini didasarkan pada hasil survei yang dilakukan Alvara pada akhir Januari hingga awal Februari dengan jumlah 1.000 responden dan margin error 3,16 persen, serta Tingkat Kepercayaan 95 persen.

Adapun data diperoleh melalui wawancara tatap muka yang dilakukan dengan multistage random sampling di 13 provinsi Indonesia.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait