FOKUS

Survei IPO: Mendagri Tito Karnavian Menteri Paling Tanggap Covid-19

JAKARTA (Tandaseru) – Indonesia Polical Opinion (IPO) merilis nama Mendagri Tito Karnavian dalam hasil survei sebagai menteri Kabinet Indonesia Maju yang paling tanggap dan responsif terhadap penanganan virus corona (Covid-19).

Mendagri Tito Karnavian menempati urutan pertama dari 10 nama yang dinilai publik. Tito Karnavian dipilih oleh sebanyak 34,5% responden, disusul Wishnutama (27,0%), Retno Marsudi (24,1%), Sri Mulyani (21,4%), Airlangga Hartarto (19,7%), Mahfud MD (17,4%), dan Erick Thohir (17,2%).

Direktur IPO, Dedi Kurnia Syah mengatakan penilaian publik terhadap Mendagri Tito Karnavian diukur dari sejumlah kebijakan, program sosial, koordinasi antarlembaga, transparansi, kecepatan tanggap mengelola persoalan.

“Dinilai sebagai menteri paling responsif,” kata Dedi dalam paparannya di Jakarta, Sabtu (4/7).

Bersamaan dengan penilaian positif kinerja menteri, IPO juga merilis sepuluh besar menteri yang dianggap publik layak untuk masuk dalam reshuffle kabinet.

“Paling muncul pertama ini bukan nama yang asing, Yasonna Laoly ada 61,4 persen paling layak dilakukan reshuffle,” ujar Dedi Kurnia Syah.

Setelah Yasonna, ada nama oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto sebesar 52,4 persen suara, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah 47,5 persen, dan Menteri Agama Fahcrul Razi 40,8 persen.

IPO melakukan survei di 135 desa di 30 provinsi Indonesia. Survei IPO ini melibatkan 1.350 responden. SPO menggunakan metodologi survei yaitu well being metodology dengan tingkat akurasi data dalam rentang maksimum 97 persen, sampling error pada 3.54 persen.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait