FOKUS

Syarat untuk Dipindakan ke Lapas, 300 Tahanan Titipan di Polda Metro Jalani Swab Test Covid-19

JAKARTA (tandaseru) – Sebanyak 300 tahanan di rumah tahanan (rutan) Polda Metro Jaya menjalani swab test Covid-19. Pemeriksaan swab ini dilakukan sebagai syarat untuk dilimpahkan ke lembaga permasyarakatan (lapas).

“Tujuannya pada proses pelimpahan ke lapas. Sebanyak 300 ini tahanan yang berstatus vonis, berstatus A3 dalam proses sudah pindah, karena over kapasitas ini kan sudah 100 persen,” ucap Direktur Tahanan dan Barang Bukti Polda Metro Jaya, AKBP Rahmat kepada wartawan, Selasa (29/9).

Rahmat menerangkan 300 orang itu merupakan tahanan Kejaksaan Negeri Jakarta Timur, Pusat, Barat, Utara, Selatan tahanan Tahti Polda Metro Jaya dan Polres jajaran wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Pihaknya tak mau tahanan yang telah dilimpahkan dikembalikan ke Polda Metro Jaya akibat dinyatakan positif covid-19.

“Kalau kita rapid-test saja, sampai di sana dibilang positif lalu balik lagi, padahal dia (tahanan) juga tidak apa-apa, di sana padahal ada tempat isolasi,” katanya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Yusri Yunus menambahkan seluruh tahanan yang menjalani swab test semuanya negatif.

Rencananya pada tanggal 1 november 2020 mendatang mereka akan segera dipindahkan ke Lapas. Kata dia, apa yang dilakukan pihaknya rutin dan dipastikan tidak ada tahanan dilingkungan Polda Metro Jaya yang terjangkit Covid-19.

“Jadi tahanan ini yang sudah tahap dua dan dalam kondisi sidang nanti semuanya akan kita limpahkan ke lembaga pemasyarakatan dalam hal ini kumham setelah kita lakukan swab terpadu. Semuanya dipastikan negative, kalau memang ada yang positif pastinya akan kita lakukan perawatan lebih jauh,” ucapnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait