FOKUS

Tahun Depan Mobil Khusus Anti Peluru Jokowi Siap Pakai

Tandaseru – Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg) mengumumkan mobil dinas baru untuk Presiden Joko Widodo, yakni Mercedes-Benz S600.

Kepala Biro Umum Kemensesneg, Piping Supriatna mengatakan bahwa proses pengerjaan mobil dinas yang akan ditumpangi Jokowi telah masuk tahap akhir.

Rencananya, akhir bulan ini mobil dinas tersebut akan dikirim dari Jerman ke Indonesia. Kemungkinan mobil dinas tersebut siap digunakan pada Januari 2020 mendatang.

“Mudah-mudahan awal Januari 2020 (bisa digunakan). Kalau pengirimannya itu akhir Desember ini,” kata Piping yang dilansir dari CNNIndonesia, Rabu (11/12).

Sebagai informasi, pilihan pemerintah selalu jatuh ke Mercedes-Benz sebagai fasilitator mobil orang nomor satu di Indoesia dengan keunggulannya dalam fitur keamanan kelas tinggi.

Mobil dinas Mercedes-Benz S600 yang akan ditumpangi Jokowi memiliki keunggulan , seperti jendela kacanya yang didesain anti peluru (bulletproof), bom, dan granat.

“Kami memiliki jendela kaca yang menggunakan bahan anti peluru yang juga mudah untuk dioperasikan, karena kan kaca jendela bulletproof itu kan sangat berat sekali yah, itu kan double layer, nah kebetulan kami bisa bikin itu,” ungkap Deputy Director Marketing Communication Mercedes-Benz Indonesia, Hari Arifianto di Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/12).

Selain itu, mobil dinas Jokowi juga dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan, alat komunikasi, dan perlengkapan canggih lainnya.

Hal itu lah yang membuat Kantor Kepresidenan RI tertarik dengan kendaraan tersebut, mengingat Presiden Jokowi yang sangat gemar bertatap langsung dengan masyarakat saat perjalanan dinasnya.

Sembari menunggu mobil baru, Jokowi  saat ini masih menggunakan mobil  S Guard produksi 2008 warisan dari Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono.

Mobil warisan SBY dinilai terlalu tua untuk mendampingi aktivitas Jokowi. Karena faktor usia, mobil tersebut juga sering rusak dan tidak efisisen, sehingga membutuhkan biaya perawatan yang tinggi.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id