FOKUS

4 Tanaman Hias Langka di Dunia, Saatnya Merawat Supaya Tidak Punah!

JAKARTA (tandaseru) – Keindahan tanaman hias bisa dinikmati banyak orang. Ada  berbagai macam jenis tanamam hias yang bisa ditemukan, tapi ada juga beberapa tanaman hias langka di dunia yang sulit ditemui karena harus dijaga kelestariannya.

Namun tahukah Anda, tanaman hias apa saja yang saat ini sudah temasuk dalam kategori tanaman hias langka.

Penasaran bentuk dari tanaman hias langka yang hampir punah? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Tanaman Hias Langka di Dunia

Bunga Gibraltar Campion

Tanaman dengan bunga yang indah ini sudah sangat langka, bahkan hanya bisa di temukan pada tebing-tebing tinggi di Gibraltar.

Tanaman ini diyakini mulai punah pada 1980-an, tapi pada 1994 sebuah tanaman tunggal ditemukan oleh seorang pendaki di tebing yang tidak bisa dijangkau olehnya. Sehingga tanaman itu memiliki harapan untuk tumbuh kembali.

Pada akhirnya benih dari tanaman ini disebarkan di Bank benih Milenium. Sekarang spesimen ini tumbuh di The Almeda Gibraltar Botanic Gardens serta Royal Botanic Gardens di London.

Bunga Paruh Kakak Tua

Tanaman paruh kakak tua atau dikenal dengan Lotus berthelotii merupakan golongan tanaman langka sejak tahun 1884.

Bunga paruh kakak tua diyakini sudah benar-benar punah di alam liar. Tanaman satu ini adalah tanaman endemik yang terdapat di Kepulauan Canary.

Salah satu penyebab bunga ini menjadi langka karena sistem penyerbukan pada bunga ini diyakini dibantu oleh burung sunbird, yang diketahui sudah lama punah di Kepulauan Canary.

Namun, beberapa percobaan telah dilakukan untuk menemukan penyerbuk baru dengan harapan tanaman ini berhasil diperkenalkan. Sayangnya, pada 2008 lalu tidak ada buah yang berhasil diproduksi sama sekali.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait