FOKUS

Bisa Melukai Kaki, ini 5 Tanda Sepatu Anda Harus Diganti!

Tandaseru – Menggunakan alas kaki yang nyaman bisa memengaruhi mood saat berkegiatan. Agar tetap pada mood yang enak, kenali tanda sepatu harus ganti berikut ini!

Mungkin bagi sebagian orang sepatu adalah salah satu barang kesayangan yang bisa digunakan bahkan hingga buluk. Walau sudah buluk, tidak sedikit yang enggan menggantinya.

Padahal sepatu lama saat dipakai sudah membuat kaki terasa sakit dan menimbulkan masalah lain. Seperti dilansir dari Footwear News, ada beberapa tanda kapan seharusnya segera mengganti sepatu baru.

Membuat kaki sakit salah satu tanda sepatu harus ganti!

Hal yang perlu diperhatikan pertama kali adalah kondisi kaki saat menggunakan sepatu lama tersebut. Jika sudah terasa sakit dan nyeri, itu sudah jadi tanda sepatu harus ganti karena sepatu lama yang aus.

Memang tanda tersebut tidak jelas secara visual, tapi sangat terasa karena bahan insole atau teknologi kenyamanan pada sepatu itu kemungkinan sudah rusak dan tidak memberi dukungan yang tepat lagi.

Sol mulai terpisah

Saat sepatu tidak terasa sakit tapi sol sudah terpisah dari bagian atas sepatu, maka saat itu pula tanda untuk membeli sepasang sepatu baru.

Sebab, adanya pemisahan pada sol sedikit saja, mampu membuat air atau serpihan masuk dalam sepatu dan menyebabkan kaki sakit bahkan kerusakan yang lebih banyak.

Area sol dan tumit aus

Bagi orang yang mengalami over pronate, menurut runner.id, over pronate merupakan kondisi telapak kaki yang mendarat di bagian luar tumit.

Lalu bergulir ke depan (berpronasi) secara berlebihan yang menyebabkan perpindahan berat badan ke bagian pinggir dalam, bukan ke bagian depan telapak kaki.

Menurut Foot.com, kondisi kaki tersebut akan membuat bagian sol serta tumit pada sepatu bisa aus atau menjadi lebih cepat untuk tipis.

Jari kaki lecet jadi tanda sepatu wajib ganti

Ada lagi tanda lainnya yang membuat Anda harus ganti sepatu yaitu ketika area jari kaki pada sepatu mulai rusak. Umumnya, hal itu terjadi disebabkan oleh seringnya menyentuh sidewalk dan benturan ke sisi meja.

Dengan begitu, secara perlahan area jari pun aus dan tidak bisa lagi memberikan kenyamanan pada area kaki, khususnya pada bagian jari-jari.

Cara Mudah Rawat SepatuMulai timbul bau

Nah, tanda yang terakhir adalah ketika Anda dapat mencium bau tidak sedap dari sepatu Anda, itu sudah seharusnya Anda membeli yang baru.

Sekalipun saat ini sudah banyak sepatu yang menggabungkan lapisan anti-mikroba yang membantu pencegahan bakteri tumbuh dalam sepatu, bau tetap masih bisa terbentuk.

Jadi sebaiknya kenali sesegera mungkin tanda sepatu harus ganti agar menggunakannya jadi lebih nyaman dan tidak menciderai kaki Anda!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait