FOKUS

Tavor, Senapan Serbu Israel Penerus UZI

Tandaseru – Israel memang piawai memproduksi senapan serbu. Setelah UZI yang legendaris, kini muncul Tavor. Tavor diproduksi oleh Israel Weapon Industries (IWI), pertama kali diperkenalkan ke publik tahun 2001. Saat ini varian terbarunya adalah model Tavor 7.

Tahun 2009 Tavor mulai dipergunakan oleh pasukan Pertahanan Israel menggantikan M-16 dan M-4 buatan Amerika. Meskipun lebih pendek dari M-4, panjang larasnya hampir sama. Desain itu memungkinkannya untuk menembak dengan putaran berkecepatan tinggi.

Tavor mampu menembakkan peluru NATO 5,56 x 45 milimeter. Jarak tembak efektifnya mencapai 550 meter dengan kecepatan luncur proyektil hingga 910 meter per detik. Magasin standarnya menawarkan daya tampung 30 peluru, IWI juga membuat rancangan magasin model drum berkapasitas 60 amunisi. Desain box magasinnya dilengkapi indikator untuk melihat jumlah amunisi yang tersedia.

Tavor digunakan oleh pasukan khusus dan tim SWAT di hampir 30 negara termasuk di Amerika Serikat, Amerika Selatan, Amerika Tengah, Afrika, dan Asia, seperti Kolombia, Meksiko, Guatemala, Senegal, Nepal, Vietnam dan India. Bahkan kini Georgia telah mengganti beberapa Kalashnikovnya dengan Tavor.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait