FOKUS

Inovasi Pemprov DKI Kurangi Polusi Udara Lewat Aplikasi e-Uji Emisi

Tandaseru – Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta merilis aplikasi e-Uji Emisi yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat yang akan melakukan uji emisi kendaraan yang dimilikinya.

Kepala Seksi Penanggulangan Pencemaran Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Agung Pujo Winarko mengatakan, aplikasi ini untuk memberikan kemudahan masyarakat memperoleh informasi terkait uji emisi.

“Aplikasi e-Uji Emisi ini baru dapat digunakan untuk pengguna Android. Di aplikasi ini ada berbagai informasi seputar uji emisi yang dapat digunakan masyarakat,” kata Agung.

Fitur dalam aplikasi ini akan memperlihatkan riwayat kendaraan, informasi kendaraan dan hasil dari uji emisi tersebut. Pengguna juga dapat melihat aturan pemerintah terkait uji emisi, serta lokasi bengkel-bengkel uji emisi terdekat.

Cara kerja aplikasi e-Uji Emisi

Untuk pengoperasiannya, pengguna memasukan plat nomor kendaraan, maka aplikasi tersebut akan menampilkan secara lengkap sejarah uji emisi kendaraan.

Banyak bengkel tersedia uji emisi kendaraan

Menariknya, pengguna juga dapat menggunakannya untuk mencari tahu bengkel-bengkel uji emisi terdekat dari lokasi.

Ada 155 bengkel yang telah terintegrasi dengan aplikasi e-Uji Emisi untuk wilayah Jakarta. Kedepannya, semakin banyak bengkel yang memberikan layanan uji emisi kendaraan.

Pemerintah menargetkan 933 unit bengkel uji emisi untuk mewujudkan Jakarta bebas polusi pada 2020. Setidaknya ada 7 juta mobil yang melakukan uji emisi selama setahun.

Diketahui, sejak 2019 Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan pribadi guna mengendalikan kualitas udara di wilayah Ibu Kota.

Pemprov juga memastikan tidak ada kendaraan pribadi berusia lebih dari 10 tahun yang beroperasi di wilayah DKI Jakarta pada 2025.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait