FOKUS

Harus Siapkan Tisu, 5 Tempat Ibadah ini Punya Kisah Tragis!

Tandaseru – Setiap lokasi memang punya kisahnya masing-masing, seperti tempat ibadah berkisah tragis ini, harus siap-siap tisu sebelum membacanya!

Seperti yang telah diketahui, fungsi tempat ibadah adalah sebagai tempat pertemuan paling sakral antara manusia dengan Tuhannya.

Tapi tahukah Anda, ada beberapa tempat ibadah yang juga memiliki sisi gelapnya tersendiri. Ada yang berawal dari perasaan dengki serta sifat egois kaum-kaum fanatik yang bisa seenaknya menentukan seseorang berhak masuk surga atau neraka.

Maka dari itu perselisihan pun tak terhindarkan, bahkan mampu sebabkan jatuhnya korban jiwa. Penasaran di mana saja lokasi tempat ibadah yang menyimpan kisah miris nan tragis itu?

Gereja Glastonbury Abbey jadi tempat ibadah berkisah tragis!

Berada di Inggris, Gereja Glastonbury Abbey adalah tempat bersejarah bagi umat Kristen Katolik. Bangunan dengan gaya gotik di tanah tempat Ratu Victoria tinggal ini merupakan lokasi Pangeran Arthur dimakamkan.

Gereja yang dibangun pada 712 Masehi ini harus hancur pada 1539, karena adanya konflik dari umat Kristen sendiri.

Konflik tersebut bermula dari Raja Henry VIII yang berniat menceraikan istrinya, karena sang istri tidak bisa mendapat keturunan.

Namun ternyata, hal itu hanya rencana Raja Henry VIII agar niat sebenarnya untuk menikahi Anne Boleyn, selingkuhannya terwujud.

Dalam ajaran Kristen Katolik, cerai itu tidak bisa dilakukan dan pernikahan hanya dapat dipisahkan oleh maut. Raja Henry VIII pun marah dan melampiaskan kemarahannya pada biarawan di seluruh Inggris, dengan menyiksa mereka.

Patung Buddha Bumiyan

Selain gereja, patung Buddha yang terletak di Afghanistan yang dipahat langsung pada dinding batu tersebut juga menyimpan kisah miris. Para peneliti memperkirakan patung tersebut dibangun sekitar abad ke-6 masehi.

Karena awal abad 21 sudah jarang bahkan hampir tidak ada penduduk Afghanistan yang beragama Buddha, maka patung itu pun akhirnya dihancurkan oleh militan Taliban.

Namun, mendapat banyak kecaman dari seluruh umat beragama di dunia, karena merusak tempat ibadah dan situs warisan sejarah dunia.

Masjid Agung Aleppo

Salah satu tempat ibadah bersejarah di dunia, yaitu Masjid Aleppo yang dibangun sekitar abad ke-8. Walau lokasi itu adalah tempat ibadah umat muslim, tapi umat Kristen di sana sangat menghormati Masjid Agung tersebut.

Karena, di dalam bangunan Masjid, terdapat jasad Nabi Zakaria, ayah dari Nabi Yahya, yang menurut kepercayaan umat Kristiani dikenal sebagai Yohanes sang pembaptis.

Tetapi, pada 2013 lalu, Masjid Agung Aleppo pun hancur akibat konflik di Suriah. Hal itu menyebabkan tempat ibadah paling bersejarah dan terkenal di dunia itu runtuh dihantam bom.

Tempat ibadah Templo Mayor

Tempat ibadah berkisah tragis satu ini paling miris! Karena tempat ibadah suku Aztec yang berbentuk piramida raksasa itu dihancurkan oleh sekelompok penakluk asal Spanyol.

Parahnya, mereka membantai seluruh suku Aztec ketika hari raya besar suku tersebut. Menurut mereka, ajaran suku Aztec itu tidak sesuai dan tidak mengenal Tuhan.

Semua mereka habisi, termasuk anak-anak, wanita dan lansia. Peristiwa tersebut terjadi pada 1520 silam dan setelah itu dibangunlah Gereja Katedral pengganti tempat ibadah Templo Mayor.

Tempat Ibadah Berkisah TragisCandi Borobudur

Tidak hanya di luar negeri, di Indonesia pun ada tempat ibadah yang memiliki kisah tragis. Candi Borobudur jadi korban isu SARA, di mana ke-9 stupa diledakkan oleh teroris Husein Ali Habsyie sebagai pemimpin.

Peristiwa menyedihkan tersebut terjadi pada 1985, alasannya adalah sebagai aksi balas dendam terhadap peristiwa di Tanjung Priok 1984.

Akibat ledakan tersebut, ada 9 stupa candi Borobudur peninggalan Dinasti Syailendra yang hancur dan jadi saksi bisu kejadian memilukan tersebut.

Terakhir sempat terjadi di Masjid Al Noor dan masjid di Linwood Avenue sebuah serangan penembakan pada hampir seluruh Jemaah shalat Jum’at di Selandia Baru.

Semoga tidak ada lagi tempat ibadah berkisah tragis lainnya. Di tahun-tahun berikutnya pun kedamaian tetap terjaga!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait