FOKUS

Temui Dubes, Ketum PSSI Sampaikan Rencana Timnas Indonesia Berlatih ke Korsel

JAKARTA (tandaseru) – PSSI mendatangi Kedutaan Besar Korea Selatan di Jakarta, Selasa (21/7), dengan agenda utama membicarakan pemusatan latihan (TC) tim nasional Indonesia yang akan berlangsung di negara ginseng tersebut.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan ditemani Plt Sekjen Yunus Nusi, Direktur Teknik Indra Sjafri, anggota Exco Endri Erawan, dan Staf Khusus Arief Wicaksono. Mereka disambut hangat oleh Pelaksana Tugas Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Jeon Joyoung.

“Kami disambut dengan baik oleh mereka. Kami juga membicarakan mengenai pelatih timnas Indonesia, yakni Shin Tae-yong yang juga berasal dari Korea Selatan. Kami juga berbicara tentang kemungkinan timnas mengadakan pemusatan latihan di sana (Korea Selatan),” kata Iriawan.

Iriawan mengaku bersyukur Kedutaan Korsel memberikan dukungan penuh kepada PSSI. Mereka juga siap membantu jika Timnas U-19 yang akan berlatih dan beruji coba di Korea Selatan.

”Pertemuan ini tentu kami syukuri. Saya berharap dengan pertemuan antara PSSI dan Kedutaan Korsel di Jakata bisa membuat timnas tidak akan kesulitan jika harus terbang ke sana (Korsel),” imbuh Iriawan.

Jeon Joyoung pun mengamini hal itu. Dia berterima kasih kepada PSSI karena sudah memilih salah satu putra terbaik negaranya (Shin Tae-yong) sebagai pelatih untuk timnas Indonesia.

“Saya juga berharap dengan Shin sebagai pelatih sepak bola Indonesia, akan mempererat hubungan kerja sama Indonesia dengan Korea Selatan. Khususnya hubungan baik antara PSSI dan KFA (Korea Football Association). Saya mendoakan dengan keberadaan Shin Tae-yong, timnas Indonesia bisa lebih baik dan maju dikemudian hari, karena dia yang membuat Korsel bisa menang melawan Jerman saat Piala Dunia 2018,” jelasnya.

“Kami akan mendukung dan membantu penuh semua kegiatan pemusatan latihan Tim Nasional Indonesia mulai dari keberangkatan hingga nanti berada di Korea Selatan. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di negara kami.”

Meski begitu Jeon dan Iriawan memahami pandemi Covid-19 belum berakhir baik di Indonesia maupun di Korea Selatan. Untuk itu, Jeon berharap latihan dan uji coba di Korea Selatan tidak perlu dipaksakan jika pandemi Covid-19 masih terjadi.

”Bicarakan kembali dengan Shin Tae-yong mengenai kondisi di sana (Korsel). Saya juga akan memantau kondisi di Korsel agar dukungan terus terjaga bagi timnas Indonesia,” imbuh Jeon.

Pelatih Shin Tae-yong akan tiba Jakarta pada Rabu (22/7) malam. Para pemain Timnas Indonesia maupun Timnas U-19 direncanakan tiba di Jakarta Kamis (23/7/). Selanjutnya seluruh pemain dan ofisial akan mengikuti swab test Jumat (24/7) dan Sabtu (25/7) akan memulai latihan perdana.

Timnas U-19 akan mengikuti Piala AFC U-19 2020 pada 14-31 Oktober di Uzbekistan. Garuda Muda berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran. Pada 2021, skuat Garuda Muda ini akan tampil di Piala Dunia U-20 di mana Indonesia akan menjadi tuan rumah.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait