FOKUS

Temukan Modus Travel Gelap, Kapolresta Malang: Perketat Pemeriksaan Termasuk Plat N

MALANG (tandaseru) – Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Malang Raya, yang telah berjalan enam hari ini diwarnai dengan penindakan beberapa kendaraan yang digunakan sebagai ‘Travel Gelap’.

Modus ‘Travel Gelap’ kerap menjadi salah satu cara beberapa orang untuk memaksa memasuki wilayah PSBB. Hal ini mulai diantisipasi Polresta Malang Kota. Menyusul ditemukannya beberapa mobil dengan Plat W yang ternyata merupakan transportasi travel.

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata beberapa waktu lalu menjelaskan, modus ini memungkinkan pengemudi travel membawa penumpang yang hendak mudik dari luar daerah masuk ke Malang. Namun untuk mengelabui petugas check point, ia menggunakan mobil dengan Plat Nomer W dan N, Jumat (22/5).

“Sudah ada yang disita mobilnya. Ada yang pakai Plat N, tetapi penumpang KTP-nya dari berbagai macam alamatnya meskipun dari Malang. Ternyata memang penumpang tidak kenal satu sama lain,” ujar mantan Wakapolrestabes Surabaya itu.

Selain itu juga terdapat mobil dengan plat luar seperti Plat DK (Bali), yang memang akan masuk Kota Malang. dan membawa penumpang ber-KTP Malang untuk mudik.

“Selanjutnya petugas meminta pengemudi untuk berhenti dan kembali ke asal tidak boleh masuk ke wilayah Malang.” ujarnya.

Untuk penumpang yang berasal dari Malang dicek kesehatannya untuk dipastikan tidak memiliki gejala Covid-19. Kemudian diminta menghubungi keluarga untuk dijemput di pos cek poin atau menggunakan kendaraan umum ke tempat tujuannya di Malang.

“Kami tidak mau tertipu, sekarang yang Plat N juga kami periksa ketat. Jangan sampai ada travel-travel gelap ini lagi,” pungkasnya

Sementara saat ini mobil travel gelap yang terjaring disita oleh petugas, terdapat empat mobil diantaranya satu mobil berplat DK telah diamankan petugas Lantas Polresta Malang Kota.

“Kendaraan baru bisa diambil akhir Juni 2020, setelah mengikuti sidang tilang.” pungkasnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait