FOKUS

Terdampak Banjir, Kemendagri Ganti 4 Ribuan Dokumen Kependudukan di Ibukota

JAKARTA (tandaseru) – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meringankan para korban bencana banjir di DKI Jakarta yang akan menganti dokumen kependudukannya yang hilang atau rusak. Sejauh ini, 4 ribuan dokumen yang berhasil diganti.

“Paling besar itu ada di Jakarta, dengan jumlah 4.570 dokumen,” kata Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Zudan Arif Fakrulloh di Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (14/1).

Zudan menjelaskan dari total dokumen kependudukan yang diganti di Ibukota, kebanyakan masyarakat mehilangan Kartu Keluarga (KK) yang mencapai total 2.022 KK.

“Selain KK, dokumen kependudukan itu diantaranya meliputi KTP-el berjumlah 1.152, Akta Kelahiran sebanyak 239, hingga Suket dan Kartu Identitas Anak (KIA) berjumlah 1.157,” jelasnya.

Zudan juga mengungkapkan proses penggantian tak akan dipersulit. Pihaknya memastikan kemudahan persyaratan, kecepatan pelayanan, dan tidak dipungut biaya.

Pelayanan itu akan terus dilanjutkan tanpa batas waktu, untuk korban bencana alam.” Artinya sepanjang ada bencana, Dukcapil proaktif melakukan penggantian dokumen,” tegasnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait