FOKUS

Kabaharkam Polri Rakor Penanganan Bencana Tingkat Menteri, Ini yang Dipaparkan

JAKARTA (tandaseru) – Menko PMK Muhadjir Effendy memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri terkait penanganan bencana alam, di Rupattama Lt 14 Kemenko PMK, Jakarta, Selasa (7/1).

Dalam kesempatan ini Kapolri diwakili Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto yang didampingi oleh Kakorbrimob Irjen Pol Anang Revandoko. Rapat membahas penanganan bencana banjir DKI Jakarta dan persiapan menghadapi bencana banjir dan tanah longsor.

Kabaharkam Polri menyampaikan, jajaran Polri telah terlibat aktif sejak awal, baik itu personel maupun peralatan dan fasilitas yang ada di Polri, untuk penanggulangan banjir dan tanah longsor di wilayah Jabodetabek dan Banten.

“Khusus Banten, Polri telah menerjunkan helikopter Polri untuk drop logistik bagi korban bencana,” ungkap Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto, Selasa (7/1).

Normalisasi sungai bukan hanya tanggung jawab Pemerintah saja, lanjut Kabaharkam Polri. Oleh karena itu Polri secara mobilisasi ikut mengimbau kepada pengusaha di sekitaran sungai untuk ikut berpartisipasi menormalisasi sungai sebagai bentuk pencegahan terjadinya banjir.

“Polri dalam hal bencana alam telah membentuk Satgas Aman Nusa 2, yang dipimpin oleh saya langsung,” kata Komjen Pol Agus Andrianto.

Dia membeberkan, penggelaran kekuatan personel dalam penanganan banjir di beberapa wilayah hukum di Indonesia terdiri dari: 2.467 personel Mabes Polri; 1.616 personel Polda Metro Jaya, 38 personel Polda Sumatera Utara, 569 personel Polda Banten, dan 507 personel Polda Jawa Barat.

Kabaharkam Polri juga memaparkan sejumlah wilayah yang perlu diatensi terkait dengan curah hujan yang tinggi, di antaranya: Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait