FOKUS

Terlibat Peredaran Sabu yang Dikendalikan Napi, Polsuspas Lapas Pekanbaru Diciduk Polisi

PEKANBARU (tandaseru) – Oknum Polisi Khusus Permasyarakatan Lembaga Permasyarakatan (Polsuspas Lapas) Pekanbaru bernama Wandi (39) ditangkap diduga terlibat peredaran narkoba jenis sabu. Dia ditangkap bersama pria bernama Joko (29).

“Peredaran gelap Narkoba jenis Shabu dan H5 melibatkan Oknum Polsuspas Lapas Pekanbaru. Telah menangkap 2 orang tersangka, yakni Joko dan Wandi Polsuspas Lapas Pekanbaru,” ucap Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Krisno Holomoan Siregar kepada wartawan, Jumat (30/10).

Keduanya diyakini terlibat dalam jaringan peredaran sabu yang dikendalikan oleh Narapidana bernama Sugeng.

Pengungkapan kasus ini sendiri berawal dari informasi masyarakat soal maraknya transaksi barang haram tersebut di Kota Pekanbaru yang dikendalikan napi di Lapas Pekanbaru. Lantas, pada 20 Oktober 2020 polisi mendapati adanya transaksi narkoba di Jalan Riau tepatnya di samping show room Yamaha dengan modus tempel.

“Dan diambil oleh seorang laki-laki menggunakan Honda Jazz warna abu-abu BM 1085 NX tercatat milik Arini, isteri Sugeng. Kedua pelaku kabur dari TKP (Tempat Kejadian Perkara) namun tim berhasil mengamankan barang bukti di TKP pertama ini,” ucapnya.

Kemudian, pada 21 Oktober Joko dan Wandi pun ditangkap. Dalam penangkapan itu pun disita sejumlah narkoba sebagai barang bukti.

Dalam operasi penindakan ini, Bareskrim mengamankan barang bukti diantaranya, 2.010 gram Sabu yang dibungkus kemasan Teh China, 1970 butir H5 atau erime five, serta dua unit Handphone.

Lebih lanjut dia mengatakan, diduga Napi Sugeng sudah beroperasi sejak satu terakhir. Sementara diyakini telah diedarkan 100 kg lebih sabu. Sugeng sendiri diketahui telah dihukum penjara seumur hidup atas kasus penjara yang menjeratnya.

Sementara itu, untuk Wandi dan Joko dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) Juncto 132 ayat (1) Undang-Undant Nomor 35 Tahum 2009 Tentang Narkotika.

“Selanjutnya dikembangkan ke jaringan atasnya dan didapat fakta narapidana kasus narkoba di Lapas Pekanbaru atas nama Sugeng merupakan pengendali kurir yang terhubung dengan Fendi (DPO) yang berada di Malaysia,” katanya.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com