FOKUS

Teror Truk New York Mengatasnamakan ISIS, Tewaskan 8 Orang

NEW YORK (!) – Kepolisian setempat menemukan sebuah catatan berbahasa Inggris yang mengklaim pelaku teror truk di kawasan Manhattan, New York, Amerika Serikat, melancarkan aksinya atas nama ISIS.

“Catatan itu ditemukan di dalam truk polisi yang digunakan untuk melakukan serangan,” kata seorang pejabat penegak hukum senior New York, Kamis (1/11).

Seperti diberitakan CNN, akibat serangan itu, delapan nyawa melayang dan hampir selusin menderita luka-luka saat seorang pria mengendarai pickup dan menabrak orang-orang yang melintas di jalur sepeda secara membabi buta di dekat World Trade Center.

“Ini adalah tindakan teror yang sangat pengecut,” kata Bill de Blasio, Walikota New York.

De Blasio mengutuk aksi pengecut pelaku dan mempertanyakan mengapa serangan itu ditujukan pada warga sipil yang tidak berdosa dan tidak tahu apa-apa.

Baca Juga:

Tersangka terror diketahui berusia 29 tahun, bernama Sayfullo Habibullaevic Saipov,  berasal dari Uzbekistan, dan masuk ke Amerika pada 2010 silam. Berdasarkan beberapa laporan, Saipov menyewa truk pickup untuk melancarkan aksinya itu.

Beberapa saksi mata menyatakan Saipov mengemudikan truk ke jalur sepeda di Lower Manhattan, dan menabrakan truk ke beberapa pejalan kaki hingga truk yang dikendarainya terhenti ketika menabrak bus sekolah.

Saipov dilumpuhkan kepolisan setempat, pihak kepolisian berharap dia bisa bertahan agar dapat mengorek keterangan lebih jauh.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait