FOKUS

Terungkap, Ini Alasan China Belum Ucapkan Selamat ke Joe Biden di Pilpres AS

BEIJING (Tandaseru) – Sederet ucapan pemimpin negara mengalir untuk Joe Biden yang berhasil memenangkan Pilpres AS 2020. Kemenangan calon dari Partai Demokrat itu mendapat simpati, bahkan dari Palestina.

Namun demikian, ucapan selamat nyatanya belum sampai dari China. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) China menyatakan China memahami bahwa hasil Pilpres AS yang sesungguhnya akan ditentukan sesuai dengan undang-undang yang berlaku di AS. China, dalam sebuah pernyataan, akan mengikuti tradisi internasional dalam membuat pernyataan tentang Pemilu AS, yakni setelah kemenangan kandidat disahkan oleh hukum di negara yang bersangkutan.

“Kami memperhatikan bahwa Tuan Biden telah mengumumkan kemenangan pemilihan. Kami memahami bahwa hasil pemilihan presiden AS akan ditentukan mengikuti hukum dan prosedur AS,” kata Juru Bicara Kemlu China, Wang Wenbin, pada jumpa pers harian di Beijing, dikutip Reuters, Senin (9/11).

Seperti diketahui, Biden memenangakan Pilpres AS dan mengalahkan Presiden petahana Donald Trump dengan perolehan suara elektoral 290 berbanding 214.

Trump diketahui masih belum menyerah dan berencana mengajukan gugatan hukum terhadap hasil pemilu 3 November itu.

Hubungan antara China dan Amerika Serikat berada pada titik terburuk dalam beberapa dekade karena perselisihan terkait dengan berbagai isu. Mulai dari masalah teknologi dan perdagangan, hingga Hong Kong dan virus corona. Pemerintahan Trump pun telah mengeluarkan sanksi yang bertubi-tubi terhadap Beijing.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com