FOKUS

Tidak Gunakan Masker Dikenakan Denda Rp250.000 di Lampung, Nyatanya!

LAMPUNG (tandaseru) – Sebuah pesan berantai beredar melalui jejaring media sosial WhatsApp masyarakat yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan akan dikenakan denda Rp250.000, Senin (7/9).

Pesan itu telah beredar luas sehingga membuat kegaduhan dan kekhawatiran masyarakat mengenai kebenaran informasi tersebut.

Saat dikonfirmasi, Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, mengatakan pesan berantai tersebut dipastikan hoaks.

“Kalau dia tidak memakai masker kena denda Rp250.000 itu bukan karena itu (masker), itu karena kelengkapan berkendara sesuai dengan Undang-Undang tentang Lalu Lintas. Itu harus dibedakan,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Senin (7/9).

Menurutnya, aturan terkait sanksi bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker sudah tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Lampung Nomor 45 Tahun 2020.

“Jadi warga masyarakat jangan sampai terkecoh kalau tidak menggunakan masker terkena Rp250.000, bukan itu, tapi Undang-Undang Lalu Lintas,” tegas Pandra.

Berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 juga sudah dijelaskan bahwa setiap masyarakat yang melaksanakan aktivitas di luar ruangan harus menjalankan protokol kesehatan.

“Protokol kesehatan itu nantinya ada sanksi menekan baik di dunia usaha dari pelaku yang bersifat pribadi. Salah satunya adalah tindakan sanksi sosial dan sebagainya,” jelasnya.

Dalam menjalankan Inpres Nomor 6 Tahun 2020 tersebut, ada tiga pilar yang terlibat untuk penegakan disiplin masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan yakni unsur TNI, Polri, dan Satpol PP.

“Maka masyarakat Lampung harus mempelajari dari pada peraturan Gubernur nomor 45 tahun 2020, disitu jelas sanksi dan aturan yang dilakukan dalam rangka memutus mata rantai Covid-19,” tandasnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com