FOKUS

Tim Siber Polri Tangkap 3 Lagi Penyebar Hoaks Corona

JAKARTA (tandaseru) – Direktorat Siber Bareskrim Polri bersama Polda Kaltim dan Polda Kalsel kembali melakukan upaya penegakan hukum secara tegas terhadap pelaku penyebar hoaks tentang virus corona yang meresahkan warganet.

Kasubbagops Dittipidsiber AKBP Rizki Prakoso menerangkan Dittipidsiber Bareskrim Polri pada Jumat (3/4) telah menangkap AB yang telah memposting video penghinaan kepada presiden terkait virus corona di akun facebook dan twitter-nya pada 31 Maret 2020.

Pelaku ditangkap di Wilayah Jakarta Timur bersama 3 orang yang diduga membantu AB dalam pembuatan konten video tersebut beserta barang bukti berupa beberapa hard disk dan telepon genggam.

Pelaku akan dikenakan Pasal dalam UU ITE, UU Penghapusan Diskriminas Ras dan Etnis, UU Peraturan Hukum Pidana maupun KUHP.

Sementara itu 2 Polda lainnya yaitu Kaltim, Kalsel, masing- masing mengamankan 1 orang pelaku.

Pelaku di Kaltim menyebarkan berita bohong tentang kebijakan pemerintah Kabupaten Berau mengenai lockdown sedangkan pelaku di Banjarbaru Kalsel memposting video seorang wanita yang dengan kata kata mengenai virus corona.

Dalam upaya tersebut masing-masing petugas menyita beberapa peralatan elektronik seperti telepon genggam dan beberapa sim card yang digunakan pelaku untuk melakukan perbuatannya.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait