FOKUS

Tingkatkan Kewaspadaan Masyarakat, Bhabinkamtibmas Makota Berikan Imbauan Langsung

MALANG (tandaseru) – Meningkatkan kewaspadaan dan Kamtibmas ditengah-tengah masyarakat, terus dilakukan oleh jajaran Polresta Malang Kota. Melalui Bhabinkamtibmas yang bertugas disetiap Kelurahan wilayah Polsek Jajaran, upaya tersebut dilakukan secara intensif.

Seperti halnya yang dilakukan oleh sosok Bripda Lucky Rahardianto salah satu Bhabinkamtibmas Polsek Klojen yang bertugas di wilayah Kelurahan Bareng. Ia secara rutin melakukan kunjungan ke pemukiman warga, di wilayah tugasnya, Rabu (28/10).

“Kegiatan ini selalu rutin kami lakukan, mengingat perkembangan Kamtibmas Kota Malang, di wilayah kelurahan Bareng pada khususnya, aksi Curanmor dan kejahatan lainnya masih ada meskipun tidak signifikan.” ujar Bripda Lucky.

Pada imbaunya, Bhabinkamtibmas yang beberapa waktu lalu sempat viral lantaran berhasil menggagalkan aksi percobaan bunuh diri diwilayahnya itu, mengatakan agar warga selalu waspada dalam memarkir kendaraan bermotornya.

“Selalu parkir kendaraan di tempat yang terlihat, dan memasang kunci ganda, apabila ditinggal lama lebih baik kendaraan dimasukkan ke dalam rumah.” imbaunya.

Terkait musim libur panjang saat ini, Bhabinkamtibmas yang juga dikenal supel itu juga mengingatkan pada warga agar tidak lupa mengunci pintu, memeriksa kondisi rumah( matikan kompor, listrik, air) sebelum meninggalkan rumah khusus bagi keluarga yg liburan keluar kota Malang.

“Jangan lupa meninggalkan pesan ke ketua RT atau RW dan tetangga sebelah yang dipercaya apabila mudik/liburan dalam waktu lama. Ingat juga, jangan memakai perhiasan yang berlebihan yang dapat mengundang tindakan kriminalitas.” tandasnya.

Ia juga berpesan pada seluruh warga, apabila melihat adanya tindakan kriminalitas untuk segera menghubungi pengurus RT-RW, Babinkamtibmas Kel Bareng atau Polsek setempat.

“Selalu peduli dan open, tidak apatis terhadap sesuatu yang dianggap mencurigakan dan mengarah ke tindak kejahatan.” pesannya.

Bila perlu, seluruh warga menggalakkan dan mengaktifkan kembali Pos Kamling demi menjaga keamanan, “Jadilah polisi bagi diri kita masing-masing diwilayah lingkungan kita” pungkasnya.

Sementara itu ditempat terpisah, Kasubbag Humas Polresta Malang Kota Iptu Ni Made Seruni Marhaeni, menambahkan kegiatan yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas tersebut merupakan program rutin dan salah satu implementasi tugas pokok Polri

“Hal tersebut merupakan wujud nyata, kehadiran Polri ditengah-tengah masyarakat, selain untuk memberikan imbauan juga untuk menghadirkan rasa aman pada masyarakat.” pungkasnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait