FOKUS

Tinjau Banjir Jakarta Bareng Anies dan Kepala BNPB, Ini Catatan Menteri Basuki

JAKARTA (tandaseru) – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mencatat sembilan titik banjir di DKI Jakarta yang terkait dengan tugas dan fungsi kementeriannya.

“Kami mencatat sembilan titik yang diawasi sesuai tugas dan fungsi Kementerian PUPR, antara lain di Kali Angke, Kebon Jeruk, Bidara Cina, dan Kampung Melayu,” ungkapnya usai meninjau banjir dengan helikopter bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Kepal BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Rabu (1/1/2020).

Basuki sebelumnya juga meninjau titik banjir di Tol Grogol dan terowongan Tol Cawang. Dalam tinjauan itu, dia meminta penambahan pompa air di titik Jalan Tol Dalam Kota ruas Grogol depan Universitas Tarumanegara, mengingat ruas tersebut merupakan jalur vital menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Basuki menyampaikan bahwa pengerahan pompa merupakan tindakan tanggap darurat untuk menyusutkan genangan. Selepas ini akan dilakukan evaluasi menyeluruh, khususnya di Cawang.

Berdasarkan pantauan dari udara, ungkap Basuki, tempak pemukiman sepanjang 16 km Kali Ciliwung yang telah dinormalisasi relatif aman dari luapan air. Dia berharap sisa yang belum dibebaskan dapat ditangani bekerja sama dengan Pemprov DKI.

Upaya penanganan banjir di hulu juga dilakukan Kementerian PUPR dengan membangun bendungan kering Ciawi dan Sukamahi. “Pembebasan lahannya hampir 95% dan diharapkan selesai tahun ini guna meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi musim hujan,” ujarnya.

Basuki juga menyinggung masifnya volume sampah yang dibawa Kali Ciliwung dan menekankan pentingnya kerja sama dengan masyarakat untuk penanganan banjir secara terpadu.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait