FOKUS

Tinjau Tiga Gereja, Panglima TNI dan Kapolri Pastikan Perayaan Natal Aman

JAKARTA (tandaseru) – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis mengunjungi tiga gereja pada malam misa natal yakni pada Selasa (24/12).

Tiga gereja yang dikunjungi yakni, HKPB Slipi, GBIP Jemaat Shaloom, keduanya di Jakarta Barat, dan 1 gereja lainnya di Jakarta Pusat yakni Gereja Katholik Bunda Hati Kudus.

Hadi memastikan jelang natal ini umat nasrani bisa menjalankan ibadah misa dengan aman, dan nyaman. Sejauh ini pengamanan berjalan lancar, tak ditemukan adanya gangguan maupun ancaman.

“Saya cek secara langsung bahwa di tiga tempat semuanya bisa berjalan sesuai yang kita harapkan, lancar dan saya lihat juga saya semuanya khusyuk,” kata Hadi di Gereja Katholik Bunda Hati Kudus, Jakarta Pusat, Selasa (24/12) malam.

“Artinya bahwa situasi aman. Saat ini benar-benar bisa kita capai. Dan saya dengan Bapak Kapolri juga melihat di beberapa pos, bahwa di pos gabungan ada TNI Polri termasuk pelopor masyarakat yang ikut bergabung dalam rangka pengamanan perayaan natal,” imbuhnya.

Hadi menghimbau kepada seluruh aparat yang ditugaskan di pos gabungan supaya tetap menjaga keamanan ini dan melayani masyarakat dengan humanis. SOP yang telah dibuat diminta untuk ditaati.

Senada dengan itu, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis mengatakan, operasi pengamanan natal dan tahun baru 2020 dilaksanakan sejak 23 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020. Dia berharap situasi kondusif seperti malam ini bisa terjaga hingga musim liburan berakhir.

“Alhamdulillah sampai saat ini seluruh Indonesia berjalan konfusif aman. Kami bersama Bapak panglima TNI malam ini di Jakarta, besok sampai nanti di malam tahun baru kita akan cek lagi ke wilayah,” ucap Idham.

Mantan Kapolda Metro Jaya itu memastikan bahwa aparat keamanan baik itu TNI-Polri, serta komponen masyarakat lainnya akan selalu hadir menjaga keamanan dan ketertiban. Dia pun berharap masyarakat turut serta dalam mewujudkan situasi yang kondusif.

Dalam peninjauan ini, hadir pula Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono, Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Daryanto, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol M Iqbal,

Kabaintelkam Komjen Pol Agung Budi Maryoto, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Hengki Haryadi, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Harry Kurniawan, sejumlah pejabat utama Mabes Polri, pejabat utama Mabes TNI, dan pejabat utama Polda Metro Jaya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait