FOKUS

Introver Juga Harus Bahagia, Begini 3 Caranya!

JAKARTA (tandaseru) – Kepribadian orang berbeda-beda, ada yang ekstrovert ada pula yang Introvert. Tapi semuanya berhak bahagia dengan sejumlah tips bahagia untuk orang introver ini!

Memang apa perbedaan introver dengan ekstrover? Seorang introver perlu mengisi energi tubuhnya dengan meluangkan waktu sendiri. Sedangkan seorang ekstrover butuh berhubungan dengan orang lain untuk mengisi energinya.

Jadi, terkadang seorang introver nampak misterius akibat terlalu sering meluangkan waktu untuk menyendiri, bahkan kerap disalahartikan sebagai seorang penyendiri.

Sejumlah penelitian mengungkapkan perbedaan introver dan ekstrover terkait dengan sistem dopamine dalam otaknya. Dilansir dari verywellmind.com, perbedaan sistem itu memengaruhi emosi dan rasa senang seseorang.

Orang yang ekstrover dikenal lebih mudah merasakan emosi positif, walau introver juga tetap bisa bahagia. Ada cara-cara mudah yang dapat dilakukan para introver untuk bisa menciptakan kebahagiaannya sendiri.

Simak tips bahagia untuk orang introver!

Jujur pada diri sendiri

Tidak semua orang introver akan menghabiskan waktunya terus menerus di dalam kamar setiap hari. Ada saatnya orang introver juga keluar dan bersosialisasi.

Hal yang terpenting adalah bisa lebih jujur pada diri sendiri. Pasalnya, jarang ada orang yang 100 persen introver dan 100 persen ekstrover.

Selalu ada bagian diri yang condong ke emosi lainnya. Jika sedang ingin mengabiskan waktu untuk membaca di akhir pekan, maka lakukanlah.

Jika ingin menghadiri konser musik dengan teman dekat, lakukan juga. Terimalah diri seutuhnya dan jujur pada apa yang diinginkan.

Maksimalkan kelebihan diri

Mereka yang berkepribadian introver biasanya bisa memecahkan masalah dengan baik. Penelitian menunjukkan introver punya lebih banyak area abu-abu di bagian prefrontal cortex, yaitu area di bagian depan otak yang mengendalikan pemikiran kompleks dan abstrak, pengaturan emosi dan pembuat keputusan.

Maka, temukan kelebihan diri Anda, lalu terima karakter introver yang unik dan ciptakan kebahagiaan baru dari hal tersebut. Misal, Anda bisa menekuni hobi baru, menikmati waktu melakukan aktivitas sendiri atau justru membuat karya baru yang bisa hadirkan perasaan bahagia.

,Alasan Gemini Menyenangkan

Bersosialisasi

Tips bahagia untuk orang introver yang terakhir ini sebenarnya bukan hal yang mustahil bagi para introver. Mereka bisa bersosialisai menjalin dan membangun hubungan baik dengan orang terdekatnya.

Tetap penting untuk memiliki sahabat dekat. Bisa saja sesekali Anda mengatur waktu untuk menghubungi sahabat sekaligus orang terdekat untuk bertemu dan berbagi cerita yang akan hadirkan kebahagiaan.

Oleh sebab itu, bagi Anda seorang introver, coba simak tips bahagia untuk orang introver di atas karena kebahagiaan itu perlu diciptakan sendiri!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait