FOKUS

Selalu Ramai Pembeli, Ini Tips Bisnis Kuliner Ala Bunda Rayya!

JAKARTA (tandaseru) – Warga Palembang pasti sudah tidak asing dengan Bunda Rayya. Makjola dan Masbro-nya selalu laku terjual, seperti apa tips bisnis kuliner ala Bunda Rayya sebenarnya?

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu pengusaha kuliner sukses dari Palembang ini. Usaha kue yang dirintis sejak 2016 ini sangat laris dan selalu dijadikan oleh-oleh wajib jika berkunjung ke Palembang.

Kreasi yang sangat populer adalah Makjola akronim dari Maksuba Kojo dan Kue Lapis Plum yang memenangkan kontes Master Oleh-oleh tingkat Provinsi yang diselenggarakan oleh salah satu produsen bahan kue terkemuka dan juga Bussiness Pitching tingkat nasional.

Ada pula krasinya yang diberi nama Masbro yaitu akronim dari maksuba dan brownies dengan taburan keju di atasnya.

Kue yang dijual Bunda Rayya tidak pernah sepi pembeli, bahkan kabarnya dimasa krisis Bunda Rayya masih bisa memperoleh orderan 2000 loyang untuk Hari Raya Idul Fitri.

Seperti apa tips bisnis kuliner ala Bunda Rayya tersebut?

Pada acara live Instagram Gelas Kosong Talk (18/6), bersama Taka Liwungang, Co-Founder Gelas Kosong, Bunda Rayya, pemilik toko kue khas Palembang sekaligus Ketua Asosiasi Pengusaha Kue Palembang (Aspenkup) membagikan tips bisnis kulinernya.

Bunda Rayya tidak memiliki latarbelakang pendidikan bisnis atau marketing, dirinya mengaku mempelajari semua itu hanya dengan belajar dari pengalaman yang dia hadapi.

Beliau adalah pengusaha sukses yang belum sempat menyelesaikan pendidikan setingkat SMP tetapi punya iInovasi, kegigihan dan semangat yang bisa jadi inspirasi bagi banyak orang.

Saat Bunda Rayya ditanya tentang bagaimana tips bagi para pengusaha pemula khususnya dibidang kuliner, beliau menyampaikan untuk selalu jadi kreatif.

Tapi jika calon pengusaha ini tidak memiliki produk baru yang inovatif, tidak bisa menurunkan harganya, pelayanan pelanggan tidak terlalu baik, maka saran dari Bunda Rayya adalah agar dia bisa fokus pada cara promosinya.

“Dia bisa fokus pada cara promosinya, misalnya temen kita beli, kalo bunda akan kasih diskon aja minimal, nanti bunda minta dia videoin agar bunda posting lagi,” katanya

Promosi jadi hal yang penting!

Bunda Rayya mengaku tidak malu untuk minta pada pembelinya, apalagi jika mereka punya followers banyak agar mempromosikan kuenya.

“Jadi biasanya gapapa saya kasih 50% tapi bunda nanti minta endorse/promosi dari mereka, kalo artis biasanya udah tahu.” tambahnya

Bunda Rayya juga berusaha menjalin hubungan baik dengan semua kalangan, mulai dari anak muda, UMKM, Pemerintah, Selebgram, dan banyak yang lainnya.

Pasalnya, pengaruh influencer itu sangat penting untuk mempromosikan produk, menurutnya satu artis saja, bisa mendatangkan 100-300 followers saat mereka posting.

Selain semua itu, tips lainnya untuk bisnis kuliner selain rasanya yang enak, hal pertama penilaian pelanggan dari mata mereka yaitu penampilan produknya.

“Packagingnya itu juga harus menarik, jangan itu-itu saja. Buat orang tertarik hanya dengan melihat packagingnya saja.” Tutupnya

Sekalipun masih dalam masa pandemi Covid-19, Bunda Rayya tidak terlalu khawatir karena dirinya yakin pada apa yang dirinya jual, walau ada penurunan tapi masih bisa teratasi.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait