FOKUS

Bingung Saat Pepes Berair? Begini 4 Tips Mudahnya

Tandaseru – Kadang bagi mereka yang baru mulai bisa memasak, membuat makanan mudah sekalipun bisa jadi sulit. Tapi tenang, ada tips buat pepes tak berair yang bisa Anda sontek!

Pepes adalah satu menu makanan yang dapat dianggap paling sehat, pasalnya pepes dimasak dengan cara dikukus, tanpa menggunakan minyak jadi rendah kolesterol dan lemak.

Bukan itu saja, cara pemasakan pepes juga bisa membuat nutrisi dari makanan tak banyak hilang. Tapi tetap butuh tips khusus agar pepes yang Anda masak terasa enak dan tidak berair.

Simak tips buat pepes tak berair ini!

Memakai banyak bumbu

Salah satu tips memasak pepes adalah dengan menggunakan bumbu yang banyak, karena bisa memberi cita rasa lebih kaya.

Bumbu yang umum digunakan seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, lengkuas, daun salam dan serai.

Jika tak Anda tak bermasalah dengan penambahan minyak, bisa Anda tumis bumbunya dulu sampai matang sebelum dijadikan pepes, hal itu mampu membuat rasa sedap bumbu lebih keluar.

Bungkus daun pisang

Ada sejumlah orang yang sulit menemukan daun pisang, kemudian membungkus pepes dengan alumunium foil atau plastik.

Padahal, menggunakan pembungkus pengganti tersebut tidak akan memberi rasa nikmat yang sama dibandingkan dengan Anda menggunakan daun pisang sebagai pembungkus.

Lemaskan daun pisang

Tips selanjutnya, sebelum dijadikan pembungkus, sebaiknya daun pisang dilemaskan terlebih dahulu dengan cara memanaskannya di atas api.

Dengan begitu, daun pisang jadi tidak mudah sobek dan lebih mudah untuk diatur dan dilipat. Daun yang dipanaskan juga bisa menambah aroma sedap pada pepes.

Panggang atau bakar pepes

Tips buat pepes tak berair yang terakhir adalah usai dikukus hingga matang, dan uapnya habis, maka Anda bisa langsung memanggang atau membakar pepes tersebut agar lebih sedap.

Cara itu seringkali membantu untuk menambah rasa sedap dari pepes, serta mengurangi kadar air usai dikukus.

Itulah beberapa tips buat pepes tak berair yang bisa Anda praktikkan langsung di rumah. Semoga bermanfaat dan menghasilkan hidangan pepes yang enak dan tidak berair usai dimasak!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait