FOKUS

Ikuti 4 Tips Menjaga Kebersihan Lensa Kontakmu

JAKARTA (tandaseru) – Lensa kontak atau softlens biasanya digunakan untuk menunjang penampilan agar tampak lebih menarik. Namun perlu diingat, kebersihan soflens harus tetap terjaga. Ikuti beberapa tips membersihkan lensa kontak yang bisa Anda praktikan.

Jika tetap bandel dengan tidak merawat dan menjaga kebersihan soflens, alih-alih bisa membantu penglihatan, justru lensa kontak yang dipakai bisa membahayakan loh.

Supaya lebih jelas, simak cara membersihkan lensa kontak seperti berikut ini.

Tips Membersihkan Lensa Kontak

Sebelum memegang softlens pastikan tangan bersih

Risiko Cuci Tangan Berlebihan

Cuci tangan yang bersih sebelum memegang softlens adalah salah satu kunci dalam menjaga kebersihan softlens.

Pastikan tidak ada sabun, minyak, parfum, atau lotion yang tertinggal pada tangan. Hal ini sangat penting karena sisa-sisa produk tadi bisa menjadi pencetus iritasi mata dan membuat pandangan menjadi kabur ketika menggunakan soflens.

Jangan gunakan soflens ketika mandi dan tidur

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah ingat kapan waktu untuk melepaskan lensa kontak.

Saat akan melakukan kegiatan yang bisa membasahi mata seperti mandi dan berenang, maka soflens harus dilepaskan terlebih dulu.

Guna menghindari senyawa kimia atau kuman pada air yang bisa menempel di soflens sehingga menyebabkan mata menjadi gatal dan sakit.

Lalu saat akan pergi tidur pun soflens harus dilepas, karena saat tidur mata akan terpejam. Ketika mata terpejam, air mata tidak membawa oksigen sebanyak ketika mata terbuka.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait