FOKUS

Takut Tanaman Mati Saat Liburan? Begini Tips Simplenya

Tandaseru – Merawat tanaman memang susah-susah gampang. Apalagi saat akan ditinggal dalam waktu yang lama. Agar tanaman kesayangan tidak mati, ada tips rawat tanaman yang akan ditinggal!

Mulai memasuki akhir bulan, biasanya aka nada banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk liburan selama berminggu-minggu dengan keluarga.

Sebelum bepergian dalam jangka waktu yang cukup lama, sebaiknya perhatikan segala hal penting yang akan ditinggalkan, seperti keamanan rumah, kesehatan hewan peliharaan, serta tanaman.

Saat ketiga hal tersebut telah dipastikan aman, Anda pasti bisa berlibur dengan tenang. Tapi, ada banyak orang yang justru lupa untuk memperhatikan kondisi tanaman di rumah.

Perhatikan tips rawat tanaman yang akan ditinggal ini

Rendam tanaman sebelum pergi

Ketika Anda akan berlibur dalam jangka pendek yaitu sekitar satu atau dua minggu, yang bisa Anda lakukan untuk tanaman Anda adalah merendam tanaman tersebut sebelum pergi.

Pastikan juga potnya kering, sehingga campuran tanaman Anda dalam pot jadi penuh, tapi jangan sampai membuat tanamannya tenggelam saat direndam.

Cara Praktis Rawat TanamanJauhkan terpapar sinar matahari berlebihan

Tips lainnya adalah pastikan tanaman tidak terlalu banyak menerima sinar matahari. Pasalnya, kebanyakan tanaman tropis berdaun, dengan mudah menjadi layu akibat terlalu berlebihan menerima sinar matahari secara langsung.

Saat Anda tidak di rumah jika Anda tidak memperhatikan tanaman dengan baik, setelah satu atau dua minggu, daun tanaman akan kasar.

Jika Anda menyimpan tanaman dekat jendela, sebaiknya pindahkan sedikit jauh dari ruangan tengah. Langkah tersebut untuk memastikan tanaman masih mendapat sinar matahari tanpa tanahnya jadi terlalu kering.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait