FOKUS

Makan Anak Sedikit? Begini Tips Tangani Anak Sulit Makan

JAKARTA (tandaseru) – Memiliki anak yang masih dalam masa pertumbuhan memang sering hadapi masalah makan. Tapi ada tips tangani makan sedikit pada anak, agar tetap sehat!

Bayi dan anak berusia enam bulan sampai tiga tahun kerap mengalami masalah makan. Salah satunya adalah small eaters atau yang disebut juga infatile anorexia.

Anak small eater, memang makan dengan jumlah sedikit dan tak pernah sampai pada rasa kenyang. Kondisi seperti itu sering membuat orangtua cemas.

Anak yang makan sedikit jarang menunjukkan tanda lapar. Anak tersebut bahkan kerap menolak makan dengan jumlah yang cukup lebih dari satu bulan.

Seperti dilansir dari buku Mommyclopedia, 567 Fakta tentang MPASI, anak dengan small eater mampu alami growth faltering.

Tapi, kondisinya yang makan dengan jumlah sedikit tak disebabkan oleh kondisi medis tertentu serta tak memiliki riwayat kejadian yang buatnya trauma. Dia masih bisa tetap berkembang secara normal.

Berikut tips tangani makan sedikit pada anak!

Ada strategi khusus bagi anak small eater

Ada sejumlah tips yang bisa dicoba untuk memberi makan anak small eaters. Pertama, pastikan ada jeda selama tiga jam atau lebih dalam waktu makan dan kudapannya.

Kedua, mulailah proses makan dalam 15 menit usai makanan Anda tawarkan dan batasi durasinya sampai 30 menit.

Ketiga, saat anak tidak memulai makan dalam 15 menit, atau dia menyelesaikan makannya dalam 30 menit, maka hentikan proses makan.

Keempat, sebisa mungkin untuk tidak menawarkan kudapan atau minuman lain di antara waktu makan yang sudah diatur. Terakhir, jangan lupa untuk mendorong anak agar mampu makan sendiri.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait