FOKUS

Tiru Turki, Suriah Bangun Replika Hagia Sophia untuk Dijadikan Masjid

SURIAH (Tandaseru) – Pemerintah Suriah mengumumkan rencan pembangunan replika Hagia Sophia untuk menentang langkah Turki mengubah situs itu menjadi masjid.

Masjid replika Hagia Sophia akan dibangun di Provinsi Hama, dan pendanaan akan dibantu oleh Rusia. Minatur itu didirikan di atas sebidang tanah yang disumbangkan oleh Al-Abdullah. Tim Rusia di pangkalan militer Hmeimim di Latakia dilaporkan telah memulai rencana pembangunan itu.

Otoritas Rusia mengklaim pembangunan miniatur Hagia Sophia itu untuk menunjukkan pentingnya dialog damai antara agama-agama besar. Dilansir portal berita Libanon, Al-Modon, ide pembangunan tersebut digagas oleh pemimpin milisi loyalis pro-rezim Suriah, Nabeul Al-Abdullah.

Setelah mendapatkan persetujuan dari uskup Gereja Ortodoks Yunani di Hama, Nicolos Baalbaki, rencana itu kemudian disampaikan kepada militer Rusia di Suriah.

Hagia Sophia tiruan itu akan dibangun di kota Al-Suqaylabiyah yang mayoritas berpenduduk Orthodoks Yunani.

Suriah dinilai sebagai lokasi ideal untuk mini replika Hagia Sophia.

“Tidak seperti Turki, ini adalah negara yang jelas-jelas menunjukkan kemungkinan dialog antaragama yang damai dan positif,” kata anggota parlemen Rusia Vitaly Milonov.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait