FOKUS

Tol JORR II Senilai Rp4 Triliun Terlambat, Basuki: Terkendala Pembebasan Lahan

Tandaseru – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) II ruas Kunciran-Serpong yang memiliki nilai investasi Rp4 triliun.

Tol ini diresmikan Presiden Jokowi Jumat (6/12) sore. Jalan tol ini terdiri dari dua seksi, seksi I Kunciran-Parigi panjang 6,711 km dan seksi II Parigi-Serpong panjang 4,424 km.

Proses pembangunan tol terbilang lama, menurut Basuki, karena proses tender telah dilakukan sejak 2006-2007, pembangunan konstruksi mulai dari tahun 2017. “Proses pembangunannya terhambat, karena terkendala pembebasan lahan,” ungkapnya.

Menurut data dari Kementerian PUPR, pembangunan Tol JORR II yang melingkar dari Bandara Soekarno Hatta, Cinere, Cimanggis hingga Pelabuhan Tanjung Priok ini diharapkan dapat mengurangi beban Tol JORR I yang sudah semakin padat.

Tol JORR II sendiri memiliki panjang keseluruhan 110,4 km serta terdiri atas enam ruas, meliputi Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,2 km), Kunciran-Serpong (11,1 km), Serpong-Cinere (10,1 km), Cinere-Jagorawi (14,7 km), Cimanggis-Cibitung (25,2 km), dan Cibitung-Cilincing (34 km).

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait