FOKUS

Tolak Pencaplokan Israel, Menag: Indonesia Berdiri untuk Kemerdekaan Palestina

JAKARTA (Tandaseru) – Pemerintah Indonesia melalui Menteri Agama Fachrul Razi mendesak pemerintah Israel membatalkan rencana aneksasi atau pencaplokan wilayah Tepi Barat dan Lembah Yordan.

“Harus dipastikan tidak ada aneksasi secara sepihak dengan permusuhan dan kedzaliman,” kata Fachrul dalam keterangan resmi, Rabu (1/7).

Fachrul menegaskan sikap utama pemerintah Indonesia jelas berkomtimen untuk terus mendukung perjuangan rakyat Palestina. Ia menyampaikan bangsa Indonesia selalu berdiri di belakang perjuangan rakyat Palestina untuk memperoleh hak sebagai negara dan bangsa merdeka.

“Prinsip bangsa kami adalah menentang segala bentuk penjajahan di muka bumi yang tertuang dalam pembukaan konstitusi kami,” kata Fachrul.

Fachrul menyampaikan Indonesia menganut prinsip penegakan keadilan untuk semua warga bangsa di dunia.

Menurutnya, setiap bangsa memiliki hak penuh untuk merdeka dan bebas dari penjajahan. Ia menanggap penjajahan merupakan alat pembelenggu untuk maju dan berkembang dalam menentukan nasibnya sendiri.

“Mengajak seluruh elemen bangsa di dunia untuk mendukung upaya perdamaian di Palestina, khususnya di Jarussalem agar tidak lagi ada peperangan dan krisis kemanusiaan yang tiada ujungnya,” kata dia.

“Agar Jerussalem sebagai tempat berdirinya Masjid Al-Aqsha (kiblat pertama umat Islam) tetap dalam pangkuan otoritas Palestina sebagai bangsa yang merdeka,” kata dia

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait