FOKUS

Tongkat Kepemimpinan Polri Berpindah, Jenderal Idham Azis Serahkan Panji Polri ke Listyo Sigit

JAKARTA (tandaseru.id) – Tongkat kepemimpinan Polri telah resmi berpindah dari Jenderal Polisi Idham Azis ke Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam upacara serah terima jabatan (sertijab) di Bareskrim Polri, Jakarta pada Rabu (27/1).

Sertijab ini ditandai dengan penyerahan Panji Tribrata dari Idham kepada Listyo. Dilanjutkan dengan penyerahan jabatan Ketua Umum Bhayangkari dari Fitri Idham Azis kepada Juliati Sigit Prabowo.

“Atas nama pribadi dan keluarga saya ucapkan selamat kepada Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Ibu Juliati Sigit Prabowo atas kepercayaan dan amanah dari Presiden RI untuk memimpin Kepolisian Republik Indonesia kurang lebih 454 hari,” kata Idham saat memberikan sambutan di Mabes Polri, Rabu (27/1).

Sementara itu, Sigit juga menyampaikan apresiasi tinggi kepada Idham. Menurutnya, Idham telah memimpin Polri dengan baik. Selain itu, berbagai prestasi sudah diukir oleh Idham selama menjadi anggota Polri.

“Pada momentum bersejarah ini, saya atas nama jajaran Kepolisian Republik Indonesia saya ucapkan terimakasih kepada Jenderal Idham Azis,” ucap Sigit.

Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Pol Idham Azis yang memasuki masa pensiun. Pelantikan ini dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (27/1).

“Mengangkat Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisia Republik Indonesia. Keputusan Presiden ini berlaku sejak mulai menjabat,” ucap Sekretaris Militer Presiden membacakan Keputusan Presiden.

Proses selanjutnya dilanjutkan dengan pembacaan sumpah jabatan sebagai Kapolri. Pembacaan sumpah dipimpin oleh Jokowi dan diulang oleh Listyo.

“Demi Tuhan yang Maha Esa. Saya menyatakan dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila, dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjungjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjungjung tinggi Tribata. Kiranya tuhan menolong saya,” ucap Jokowi yang diulangi oleh Listyo.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com