FOKUS

Tri Tito Karnavian: PKK Siap All Out Laksanakan Instruksi Presiden

JAKARTA (tandaseru) – Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian menegaskan PKK siap melaksanakan instruksi presiden untuk ikut terlibat langsung dalam gerakan bagi masker dan sosialisasi protokol kesehatan.

Dengan jumlah kader sebanyak 4,5 juta orang yang tersebar di kota dan desa,  PKK akan all out.

Tri Tito Karnavian mengatakan itu dalam rapat Rapat Koordinasi Pencapaian Target Realisasi APBD 2020 dan Sosialisasi Penggunaan Masker, Cuci Tangan, serta Jaga Jarak untuk Perubahan Perilaku Baru Masa Pandemi Covid-19.

Rakor tersebut dihadiri, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Kepala BNPB, Doni Monardo, Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian, Menteri Desa, Abdul Halim Iskandar, para Gubernur se-Indonesia, Bupati dan Walikota se-Indonesia Ketua TP PKK Provinsi, Kabupaten dan Kota, dan para Kepala BPBD Provinsi.

Rapat koordinasi itu sendiri digelar melalui  video conference dan dilaksanakan ruang Sasana Bhakti Praja  kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta, Senin (10/8).

Menurut Tri Tito Karnavian,  terkait dengan penanggulangan pandemi Covid-19 ini, PKK sebetulnya sudah sejak awal telah melaksanakan bantuan seperti paket sembako dan bagi masker secara mandiri. “Kami melakukannya secara inisiatif sendiri sudah dari awal,”katanya.

Dirinya juga sebagai Ketua Umum TP PKK, sudah memberikan arahan kepada para ketua PKK Provinsi se-Indonesia agar melakukan apa saja yang bisa untuk membantu pemerintah dan masyarakat. Khususnya dalam menghadapi covid19 ini.

Salah satunya adalah pembagian masker dan sosialisasi tentang protokol kesehatan. Namun mungkin intensitasnya  tidak segencar sekarang.

“Kalau kita lakukan sekarang mengingat ada juga bantuan dari pemerintah atau dari mitra kita yaitu dengan banyaknya dan masifnya masker-masker yang disiapkan sehingga kita lebih mudah untuk melakukan kegiatan ini,” katanya.

Tri Tito Karnavian juga mengaku bangga, TP PKK dipercaya Presiden Jokowi untuk ikut melaksanakan strategi nasional, khususnya terlibat langsung dalam gerakan membagi-bagikan masker. Dalam pelaksanaannya nanti, tahapan pertama adalah dengan membagikan masker dulu.

“Namun demikian tidak menutup kemungkinan para kader PKK melaksanakan sosialisasi langsung bagaimana memakai masker yang benar, apa guna memakai masker dan apa resiko-resiko jika tidak memakai masker. Juga sosialisasi pentingnya menjaga jarak kepada setiap orang tentu pentingnya mencuci tangan,” katanya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait