FOKUS

Usai Debat Pleno PBB, Israel-Palestina Sepakat Gencatan Senjata di Jalur Gaza

ISRAEL (tandaseru.id) – Sebuah kesepakatan gencatan senjata disepakati antara Israel dan Hamas pada Kamis (20/5) di seluruh perbatasan Jalur Gaza, mulai hari ini,Jumat (21/5) jam 2 dini hari.

Pernyataan tersebut dikeluarkan faksi Islamis Palestina sebagaimana diberitakan beberapa kantor berita. Gencatan senjata ini berpotensi mencegah terjadinya pertempuran paling sengit dalam puluhan tahun.

Kabinet keamanan Israel mengatakan pihaknya secara bulat telah mendukung gencatan senjata di Jalur Gaza secara timbal balik dan tanpa syarat sebagaimana yang diusulkan Mesir sebagai mediator, tetapi menambahkan bahwa jam pelaksanaannya belum disepakati.

Sebelumnya Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres saat Debat Umum Sidang Pleno ke-67, Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (SMU PBB), Kamis (20/05) menyerukan segera dilakukannya gencatan senjata khususnya di jalur Gaza.

Dia menyampaikan kesedihan yang mendalam terhadap rusaknya infrastruktur dasar di Gaza dan kepedihan yang dihadapi anak-anak

Dia menggarisbawahi pentingnya terus mempertahankan status quo Yerussalem. Pembangunan pemukiman illegal, pengusiran dan perobohan rumah bertentangan dengan international humanitarian law dan HAM.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com