FOKUS

Usai Normalisasi, Israel Kirim Utusan Dagang ke Bahrain

TEL AVIV (Tandaseru) – Pemerintah Israel mengirimkan delegasi perdagangan ke Bahrain, Minggu (18/10), sebagai tindak lanjut normalisasi hubungan kedua negara.

Delegasi tersebut dipimpin Kepala Dewan Keamanan Nasional Israel Meir Ben-Shabbat.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan, ini pertama kali negaranya mengirim delegasi perdagangan ke Bahrain. Ada beberapa agenda yang dibahas, antara lain terkait penerbangan, transportasi, teknologi, industri, keuangan, pariwisata, pertanian, hubungan diplomatik, kesehatan, dan budaya.

Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Steve Mnuchin akan turut berkunjung ke Manama dan mendampingi delegasi perdagangan Israel.

Mnuchin membawa misi memperluas kerja sama ekonomi dengan melibatkan Israel, Bahrain, termasuk Uni Emirat Arab (UEA). Mnuchin dijadwalkan berkunjung ke UEA pada Senin (19/10).

Pada 15 September lalu, Netanyahu, Menteri Luar Negeri UEA Sheikh Abdullah bin Zayed Al Nahyan, dan Menteri Luar Negeri Bahrain Abdullatif bin Rashid Al Zayani menandatangani “Abraham Accord” di Gedung Putih, AS. Itu menandai resminya normalisasi diplomatik antara ketiga negara. AS merupakan mediator yang membantu terwujudnya hal tersebut.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait