FOKUS

Usai Normalisasi, UEA Kirim Delegasi Resmi ke Israel

ABU DHABI (Tandaseru) – Delegasi Uni Emirat Arab (UEA) djadwalkan melakukan kunjungan resmi perdana ke Israel pada Selasa (20/10).

Kedua negara tersebut telah menandatangani perjanjian normalisasi diplomatik bulan lalu.

“Pagi ini UEA bersiap mengirim delegasi resmi pertamanya ke Israel,” kata Direktur Komunikasi Strategis Kementerian Luar Negeri UEA Hend Al Otaiba melalui akun Twitter pribadinya.

Menurut Al Otaiba, delegasi UEA dipimpin oleh Menteri Ekonomi Abdullah bin Touq al-Mari dan Menteri Negara Urusan Keuangan Obaid Humaid al-Tayer.

Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Steve Mnuchin dan utusan AS untuk Timur Tengah Ari Berkowitz turut bergabung dalam delegasi UEA. Mnuchin dan Berkowitz memang sedang melakukan lawatan ke Bahrain serta UEA untuk membahas potensi kerja sama pasca-normalisasi dengan Israel tercapai.

Delegasi UEA dan AS bertolak dari bandara Abu Dhabi menggunakan pesawat Etihad Airways. Mereka akan mendarat di Bandara Internasional Ben-Gurion di Tel Aviv. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dilaporkan akan menyambut kedatangan delegasi di bandara.

Israel dan UEA mengumumkan kesepakatan normalisasi diplomatik pada 13 Agustus lalu. Sekitar sebulan setelah pengumuman itu, Bahrain mengikuti langkah UEA.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait