FOKUS

Utusan PBB Desak Israel-Palestina Duduk Bareng Bicarakan Perdamaian

WASHINGTON (Tandaseru) – Utusan PBB untuk Timur Tengah Nikolay Mladenov mendesak Dewan Keamanan PBB agar Israel dan Palestina serta mitra internasional segera melanjutkan upaya perdamaian.

Menurutnya, saat ini belum terlambat melakukan perundingan.

“Untuk menarik Israel dan Palestina lebih jauh menuju realitas satu-negara dari pendudukan dan konflik yang terus-menerus,” kata dia, dilansir Reuters, Rabu (30/9).

Mladenov mengatakan kepemimpinan Israel dan Palestina harus terlibat kembali dan memperkuat upaya mencapai solusi kedua negara yang dinegosiasikan sebelum terlambat.

“Saya mengulangi seruan Sekretaris Jenderal kepada anggota Kuartet Timur Tengah, mitra utama Arab, dan kepada kepemimpinan Israel dan Palestina,” katanya.

Mladenov sebagai Koordinator Khusus untuk Proses Perdamaian Timur Tengah juga menyoroti perkembangan di bidang politik baru-baru ini. Misalnya perjanjian Israel dengan Uni Emirat Arab dan Bahrain, yang menyebabkan penangguhan rencana untuk mencaplok bagian Tepi Barat yang diduduki.

Di sisi lain, pertemuan antara dua faksi terbesar Palestina yakni Fatah, yang mengontrol Tepi Barat, dan Hamas, yang mengontrol Gaza, diakhiri dengan seruan untuk pemilihan yang telah lama ditunggu.

Menurut Mladenov, pemilu dan lembaga demokrasi yang sah sangat penting untuk menyatukan Gaza dan Tepi Barat di bawah satu otoritas nasional. “Dan penting untuk menegakkan prospek solusi dua negara yang dinegosiasikan,” katanya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait