FOKUS

5 Varian Keju dengan Rasa Unik, Pernah Mencicipinya?

Tandaseru – Keju adalah salah satu makanan olahan tertua di dunia. Mengingat usianya yang telah berabad-abad tidak heran bila banyak varian keju dengan rasa unik.

Keju berasal dari Benua Eropa, ada beberapa jenis keju yang sangat populer di berbagai dunia, yaitu keju cheddar, dan keju parmesan.

Namun selain jenis keju diatas, masih ada beberapa jenis keju yang jarang diketahui dengan bentuk yang cukup unik pula.

Comte adalah salah satu varian keju dengan rasa unik

Keju ini pertama kali diproduksi di Prancis pada 1985 oleh perusahaan AOC. Setiap tahun perusahaan ini mampu memproduksi sebanyak 40.000 ton keju Comte.

Proses produksinya memakan waktu yang sangat lama, yakni sekitar 18-24 bulan. Keju ini memiliki tekstur beragam, mulai dari yang lembek hingga kasar dengan warna kuning pucat dan aroma asam yang sangat menyengat.

Meski di Prancis sangat populer, namun tidak di Indonesia. Jadi wajar bila warga Indonesia jarang yang pernah mencicipi keju comte ini.

Neufchatel, keju yang berbentuk hati

Keju ini dibuat oleh seorang petani perempuan yang ditujukkan untuk tentara Inggris pada abad ke-7.

Keju neufchatel berwarna putih dan mempunyai tekstur yang kasar. Dibagian luarnya diselimuti oleh racikan kulit buah-buahan.

Rasa keju ini sangat unik karena menggunakan bahan campuran dari kacang, sedikit asam, dan jamur. Cara penyajian keju ini harus pada suhu yang tepat agar awet dan tidak meleleh.

Keju neufchatel pun  hanya di produksi di Prancis saja, tidak heran bila sangat sulit menemukan keju jenis ini.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait