FOKUS

Berobat Nggak Perlu Dokter Lagi, Ada Vending Machine Unik di China!

Tandaseru – Jika berkunjung ke rumah sakit atau klinik itu sudah biasa, bagaimana jika saat sakit mendatangi vending machine kedokteran di China ini?

Memang bukan hal yang aneh jika di zaman modern ini sudah ada kemajuan di banyak sektor, salah satunya dibidang kedokteran.

Saat sakit biasanya dengan segera Anda pasti mendatangi klinik atau rumah sakit terdekat. Tapi di China ada inovasi baru yang tidak memerlukan tenaga medis untuk menangani sakit manusia.

Vending machine kedokteran di China seperti apa?

Tampilannya terlihat seperti vending machine pada umumnya, namun ada sejumlah perbedaan yang menyesuaikan dengan kebutuhan pasien.

Jika penduduk China bosan mengantre di rumah sakit atau klinik, vending machine ini dihadirkan untuk jadi solusi.

Dioperasikan oleh robot, sebuah klinik yang ada di Wuzhen, China ternyata diopersikan oleh mesin. Hal itu memang dilatarbelakangi oleh antrean yang mengular pada pintu di klinik serta rumah sakit di China.

Tempat itu dikembangkan oleh platform kesehatan Ping An Good Doctor yang diumumkan sebagai klinik medis tanpa karyawan pertama di dunia.

Fungsinya apa saja ya?

Klinik tersebut bernama One Minute Clinic yang menyediakan layanan medis dan perawatan kesehatan yang mudah dijangkau penduduk sekitar.

Dilengkapi dengan dua fungsi utama yaitu sebagai penasihat serta pelayanan obat. Pasien nantinya bisa mendapatkan konsultasi bersama dokter virtual dalam ruang penasihat dan akan mendapat diagnosis awal.

Jika sudah tahu diagnosisnya, maka pasien bisa langsung membeli obat yang telah diresepkan di ruangan yang memang difungsikan sebagai pelayanan obat.

Baik ruang konsultasi ataupun pengambilan obat semua dioperasikan menggunakan aplikasi dan sistem, jadi pengunjung tak perlu bertatap muka dengan dokter.

Klinik itu menyediakan stok 100 jenis obat untuk penyakit umum dan jika obat tidak tersedia, maka pasien bisa membelinya secara daring menggunakan aplikasi Ping An Good Doctor yang memang sudah ada di China.

Selanjutnya, pasien tinggal menunggu sampai obat dikirimkan paling lambat satu jam setelah pemesanan. Selama masa percobaannya saja, penggunjung klinik tersebut rata-rata hingga 100 orang.

Berencana lakukan ekspansi?

Perusahaan China ini berencana mempopulerkan klinik pada beberapa ruang publik seperti, apotek, sekolah, pasar dan tempat lainnya.

Terintegrasi dengan aplikasi smartphone klinik tersebut terhubung dengan jaringan luring 3.100 rumah sakit dan lebih dari 60.000 klinik lain.

Ping An pun memiliki rencana untuk melakukan ekspansi lebih dari 1.000 unit klinik pada seluruh China sampai akhir tahun ini.

Juru bicara Ping An Good Doctor mengatakan layanan dokter virtual tersbeut telah dirancang dan dikembangkan oleh 200 orang ahli di bidang kecerdasan buatan.

Para ahli pun dilatih untuk memakai data yang dikumpulkan dari 300 juta lebih kunjungan dan konsultasi. Hasilnya, ada 2.000 penyakit lebih yang umum ditemui di China masuk dalam database aplikasi dokter virtual itu.

Klinik yang berbentuk vending machine kedokteran di China ini unik sekali bukan? Bagaimana y ajika benar-benar ada di Indonesia?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com