FOKUS

Wacana Sekolah Tatap Muka Tahun Depan, Ini Amanat Mendagri Tito Karnavian

JAKARTA (Tandaseru) – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan sejumlah imbauan berkaitan dengan wacana menggelar kembali kegiatan pembelajaran tatap muka di tengah pandemi corona.

Tito mengimbau dinkes daerah bersama Satgas Covid-19 melakukan sosialiasi protokol kesehatan di sekolah, sebagai upaya mengantisipasi penularan covid-19 saat kegiatan belajar mengajar.

“Dinkes juga bisa testing secara random di satuan pendidikan dengan biaya dari Pemda, bila perlu secara reguler,” kata Tito dalam konferensi pers, Jumat (20/11).

Sebagai antisipasi penularan, Tito meminta sekolah meniadakan kegiatan-kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan saat di sekolah.Seperti kegiatan ekstrakuliker, kegiatan olahraga, kegiatan kesenian, dan kegiatan upacara.

“Jangan sampai karena sekian bulan tidak sekolah, terjadi euforia, seperti membuat kegiatan ekstrakulikuler yang terjadi kegiatan pengumpulan anak-anak sehingga terjadi penularan,” ujar Tito.

Tito juga menyarankan Dinas Perhubungan (Dishub) daerah menyediakan transportasi publik untuk siswa yang aman covid-19 untuk mencegah terjadinya penularan di luar sekolah. Transportasi publik itu harus sesuai dengan prinsip dan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

“Sistem transportasi publik juga harus menyesuaikan prinsip sesuai protokol kesehatan karena nanti ditakutkan ada penularan di jalan menuju sekolah,” ucapnya.

“Pemerintah daerah melakukan antisipasi, meningkatkan fasilitas layanan rumah sakit di setiap kabupaten/kota provinsi, artinya tiap daerah menyiapkan tempat karantina,” tuturnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com