FOKUS

Wahyu Setiawan Akui tak Kenal Harun Masiku

JAKARTA (Tandaseru) – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan mengaku tidak mengenal politikus PDI Perjuangan Harun Masiku. Wahyu juga tidak pernah komunikasi dengan calon anggota legislatif (caleg) dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatra Selatan (Sumsel) 1 itu.

“Saya belum pernah berkomunikasi dengan Harun, kenal juga tidak, baik komunikasi ketemu atau tidak langsung,” kata Wahyu dalam sidang etik Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (15/1).

Wahyu mengaku sedari awal ada gelagat tidak enak dari PDI Perjuangan yang seolah memaksa Harun Masiku sebagai caleg terpilih. KPU beberapa kali menyampaikan Harun tidak memenuhi syarat.

Dia mengaku ada lobi dari sejumlah pihak yang ingin mendorong memasukkan Harun sebagai penghuni Kompleks Parlemen. Situasi ini sudah dilaporkan kepada komisoner lainnya.

“Saya pernah menyampaikan itu kepada pak Ketua dan Bu Evi (Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik). Saya tetap menyampaikan chatting saya saya mohon saudara-saudara soal temuan karena ada situasi permakelaran,” jelas Wahyu.

KPK membongkar sugaan suap terkait pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR dalam operasi tangkap tangan (OTT), Rabu, 8 Januari 2020. Kasus ini bermula dari satu kursi DPR dari Dapil Sumsel 1 yang diraih Nazarudin Kiemas, caleg PDI Perjuangan yang meninggal pada Maret 2019.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait