FOKUS

Wahyu Setiawan Disidang DKPP Gunakan Gedung KPK

JAKARTA (Tandaseru) – Dewan Kehormatan Penyelenggara Negara (DKPP) menggelar sidang dugaan pelanggaran etik Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan digelar di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (15/1).

KPK menjadi lokasi sidang lantaran Wahyu yang menyandang status tersangka kasus dugaan suap proses pergantian antarwaktu (PAW) caleg PDIP saat ini telah mendekam di Rutan Pomdam Jaya Guntur.

“Untuk kegiatan DKPP, tadi sudah datang ke KPK untuk koordinasi, prinsipnya KPK memberikan izin giat dimaksud, akan memfasilitasi tempat di KPK,” kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri,  Rabu (15/1).

Meski demikian, Ali enggan menjabarkan secara rinci mengenai proses pemeriksaan etik Wahyu Setiawan. Menurutnya, hal tersebut merupakan ranah DKPP.

“Selebihnya mengenai hal-hal lain, termasuk ruangan dan tempatnya, mohon konfirmasi langsung ke DKPP,” katanya.

Wahyu ditetapkan tersangka oleh KPK bersama tiga orang lain– Harun Masiku (politikus PDI Perjuangan); eks anggota Bawaslu, Agustiani Tio Fridelina; dan Saeful (swasta)– sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi terkait dengan penetapan pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR 2019-2024.

Penetapan tersangka itu buah dari operasi tangkap tangan yang dilakukan lembaga antirasuah. Hanya saja, tim penindakan KPK tidak berhasil menangkap Harun.

Wahyu diduga menerima suap dari Harun untuk mengupayakan langkah Harun menjadi anggota legislatif menggantikan kader lain dari PDIP, Nazarudin Kiemas, yang meninggal dunia.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait